BMKG: Waspada Potensi Banjir Rob di Sejumlah Wilayah Indonesia, Ini Daftarnya...

Kompas.com - 27/05/2020, 12:31 WIB
Banjir rob menerjang kawasan pesisir Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (26/5/2020). Sedikitnya 3.750 rumah di 16 desa terendam akibat fenomena tahunan pasang surut air laut tersebut. KOMPAS.COM/Tangkapan LayarBanjir rob menerjang kawasan pesisir Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (26/5/2020). Sedikitnya 3.750 rumah di 16 desa terendam akibat fenomena tahunan pasang surut air laut tersebut.


KOMPAS.com- Dalam beberapa hari terakhir ini, cuaca ekstrem hujan lebat dan disertai angin kencang masih sering terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Cuaca ekstrem tersebut bahkan menyebabkan terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, banjir bandang dan lain sebagainya.

Seperti terjadinya banjir yang merendam ribuan rumah warga di Kota Samarinda dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur sejak Jumat, (22/5/2020) dan banjir itu berlangsung sekitar lima hari.

Baca juga: Banjir Rendam Ribuan Rumah di Samarinda, Ini 4 Faktor Penyebabnya

Belum usai pengungsian warga akibat banjir, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) pun telah mengeluarkan peringtan dini terhadap banjir pesisir atau banjir rob di sejumlah wilayah lain di Indonesia.

Banjir rob ini, sangat memungkinkan terjadi akibat adanya berbagai kondisi alam yang mendukung intensitas level air mengalami peningkatan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X