Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2020, 12:03 WIB
Yohana Artha Uly,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Di era digitaliasi saat ini, ada beragam platform media sosial yang dapat menjadi wadah bagi setiap orang untuk menunjukkan diri mereka pada publik. Termasuk bagi si introvert dan ekstrovert yang memiliki kepribadian berbeda.

Introvert dikenal sebagai individu yang pendiam dan suka menghabiskan waktu dengan menyendiri, seperti membaca buku. Kepribadian ini juga umumnya tidak suka menjadi pusat perhatian.

Sebaliknya, ekstrovert dikenal suka berinteraksi dengan orang lain dan merasa nyaman di tempat keramaian. Kepribadian ini cenderung suka menjadi pusat perhatian.

Baca juga: Fenomena Viral Konten Influencer Soal Covid-19, Ini Penjelasan Ahli

Bagi kepribadian ekstrovert, media sosial menjadi tempat yang menyenangkan karena dapat unjuk diri pada publik. Mereka juga dapat mencari perhatian melalui warganet.

Kendati media sosial sepertinya sangat cocok dengan ekstrovert, bukan berarti kepribadian introvert tidak tertarik menggunakannya. Introvert juga menggunakan media sosial untuk unjuk diri juga lho.

Menurut Psikiater Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ, orang dengan kepribadian introvert juga dapat memanfaatkan media sosial untuk menunjukkan citra diri yang ingin mereka tampilkan kepada publik.

Baca juga: Bukan Introvert atau Ekstrovert, Anda Mungkin Seorang Ambivert

Lantaran, media sosial membuat konektivitas antara orang introvert dengan warganet yang memberikan komentar atau respons pada postingan mereka tak terjadi secara langsung atau tanpa tatap muka.

"Jadi buat dia (introvert) lebih mudah memakai topeng untuk tampil ke media sosial, mengutarakan dirinya. Karena mungkin kalau bertatapan muka langsung, dia sulit untuk melakukannya," ujar dia dalam live instagram diskusi mengenai fenomena panjat sosial (pansos), Senin (25/5/2020).

Psikiater yang akrab disapa Noriyu itu menyatakan, pengguna media sosial cenderung memiliki sifat narsis, terlebih pada mereka yang melakukan panjat sosial (pansos).

Pansos adalah serangkaian upaya yang dilakukan seseorang untuk mencitrakan dirinya sedemikian rupa, hingga memiliki status sosial yang tinggi dan akhirnya mendapat nilai keekonomian.

Dengan adanya kecenderungan narsis, maka pelaku media sosial baik dengan kepribadian introvert maupun ekstrovert memiliki risiko yang sama untuk mengalami narcissistic injury.

Kondisi di mana merasa terluka karena warganet merespons kontennya dengan negatif, seperti ujaran kebencian.

Baca juga: Indira Kalistha Sebut Introvert, Apa Itu dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Pada orang dengan kepribadian introvert, kata Noriyu, lebih mengalami sakit hati karena komentar negatif. Mereka cenderung akan menyalahkan dirinya sendiri terkait hal tersebut.

"Seperti 'tuh kan gue ngapain posting tadi, ini tuh enggak penting untuk diceritakan ke orang'. Jadi walaupun (komentar) tidak secara tatap muka tapi tetap bisa memberikan dampak tidak nyaman pada dirinya (introvert), kalau memang respons orang negatif kepada dia," jelas Noriyu.

Kondisi tersebut juga bisa dialami oleh orang dengan kepribadian ekstrovert pada saat-saat tertentu. Terlebih ketika seseroang memprotes sesuatu apa yang dia yakini membanggakan dan hal yang benar untuk dia lakukan.

"Jadi narcissistic injury itu bisa juga terjadi di ekstrovert, itu bukan berarti jadi kebal," tutup dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com