Media Sosial Juga Bisa Jadi Tempat Si Introvert Unjuk Diri, Kok Bisa?

Kompas.com - 27/05/2020, 12:03 WIB
Ilustrasi introvert Shutterstock/Master1305Ilustrasi introvert

KOMPAS.com- Di era digitaliasi saat ini, ada beragam platform media sosial yang dapat menjadi wadah bagi setiap orang untuk menunjukkan diri mereka pada publik. Termasuk bagi si introvert dan ekstrovert yang memiliki kepribadian berbeda.

Introvert dikenal sebagai individu yang pendiam dan suka menghabiskan waktu dengan menyendiri, seperti membaca buku. Kepribadian ini juga umumnya tidak suka menjadi pusat perhatian.

Sebaliknya, ekstrovert dikenal suka berinteraksi dengan orang lain dan merasa nyaman di tempat keramaian. Kepribadian ini cenderung suka menjadi pusat perhatian.

Baca juga: Fenomena Viral Konten Influencer Soal Covid-19, Ini Penjelasan Ahli

Bagi kepribadian ekstrovert, media sosial menjadi tempat yang menyenangkan karena dapat unjuk diri pada publik. Mereka juga dapat mencari perhatian melalui warganet.

Kendati media sosial sepertinya sangat cocok dengan ekstrovert, bukan berarti kepribadian introvert tidak tertarik menggunakannya. Introvert juga menggunakan media sosial untuk unjuk diri juga lho.

Menurut Psikiater Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ, orang dengan kepribadian introvert juga dapat memanfaatkan media sosial untuk menunjukkan citra diri yang ingin mereka tampilkan kepada publik.

Baca juga: Bukan Introvert atau Ekstrovert, Anda Mungkin Seorang Ambivert

Lantaran, media sosial membuat konektivitas antara orang introvert dengan warganet yang memberikan komentar atau respons pada postingan mereka tak terjadi secara langsung atau tanpa tatap muka.

"Jadi buat dia (introvert) lebih mudah memakai topeng untuk tampil ke media sosial, mengutarakan dirinya. Karena mungkin kalau bertatapan muka langsung, dia sulit untuk melakukannya," ujar dia dalam live instagram diskusi mengenai fenomena panjat sosial (pansos), Senin (25/5/2020).

Psikiater yang akrab disapa Noriyu itu menyatakan, pengguna media sosial cenderung memiliki sifat narsis, terlebih pada mereka yang melakukan panjat sosial (pansos).

Pansos adalah serangkaian upaya yang dilakukan seseorang untuk mencitrakan dirinya sedemikian rupa, hingga memiliki status sosial yang tinggi dan akhirnya mendapat nilai keekonomian.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X