Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indira Kalistha Sebut Introvert, Apa Itu dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Kompas.com - 17/05/2020, 17:02 WIB
Yohana Artha Uly,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beauty vlogger Indira Kalistha mengaku memiliki kepribadian introvert sehingga merasa deg-degan saat harus berkolaborasi dengan content creator lainnya. Menurutnya, ini membuat dia mengeluarkan pernyataan yang meremehkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Sebenarnya apa itu introvert, dan bagaimana ciri-cirinya?

Melansir Healthline, Minggu (17/5/2020), seorang introvert dikenal sebagai individu yang pendiam dan bijaksana. Mereka tidak mencari perhatian dari orang lain atau keterlibatan sosial, karena itu membuat mereka merasa lelah dan tidak nyaman.

Baca juga: Video Viral Indira Kalistha, Mengapa Kita Perlu Pakai Masker dan Cuci Tangan?

Kebalikan dari introvert adalah kepribadian ekstrovert. Seorang ekstrovert dikenal suka mencari interaksi dan percakapan dengan orang lain. Mereka bukan orang yang suka melewatkan pertemuan sosial dan suka berada dalam lingkungan yang penuh hiruk-pikuk.

Psikolog Carl Jung adalah orang pertama yang menggambarkan dua kepribadian ekstrem ini pada tahun 1960-an. Dia menulis bahwa introvert dan ekstrovert dapat dipisahkan berdasarkan bagaimana cara mereka mengisi kembali energi dalam jiwanya dan memperoleh gairah.

Baca juga: Seperti Indira Kalistha, Kenapa Banyak Orang Abai Pandemi Corona?

Introvert lebih memilih menyendiri untuk mengisi ulang energinya, berbanding terbalik dengan ekstrovert yang memilih bertemu dengan orang lain.

Meski demikian, bukan berarti introvert akan terus terlihat pendiam atau ekstrovert akan terus periang. Seorang introvert bisa saja suka berakting diatas panggung atau datang ke pesta.

Begitupula dengan orang ekstrovert, mereka bisa juga memiliki waktu menyendiri atau lebih suka bekerja sendiri ketika mereka benar-benar perlu fokus.

YouTuber Indira Kalistha ketika menjadi tamu dalam vlog Gritte Agatha.YouTube Gritte Agatha. YouTuber Indira Kalistha ketika menjadi tamu dalam vlog Gritte Agatha.

Intinya, perbedaan antara keduanya adalah bagaimana mereka merespons untuk mengisi ulang energi ketika sedang capek, putus asa, atau hilang semangat.

Ciri-ciri kepribadian seorang introvert

Berikut ciri-ciri umum dari kepribadian introvert:

1. Lebih suka menyediakan waktu untuk diri sendiri

Masa-masa untuk menyendiri atau berada di rumah saja bukanlah hal yang membosankan dan melelahkan bagi seorang introvert. Kesendirian menjadi hal yang penting bagi kesehatan dan kebahagian mereka.

Introvert sering menikmati menghabiskan waktu dengan membaca, berkebun, membuat kerajinan, menulis, bermain game, menonton film, atau melakukan aktivitas lain yang dilakukan sendiri.

Baca juga: Video Viral Indira Kalistha, Dokter Ingatkan Covid-19 Bukan Penyakit yang Biasa Saja…

2. Lelah dengan interaksi sosial

Jika ekstrovert sulit melewatkan malam minggu tanpa kumpul dengan teman-temannya, justru introvert lebih memilih untuk menghabiskan waktu sendirian guna mengisi energi setelah sepekan beraktivitas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com