Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Praktis bagi Pemudik yang Mengaspal di Jalan Tol

Kompas.com - 22/03/2024, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berpesan kepada para pemudik yang melintasi jalan tol pada momentum mudik Lebarann 2024.

Pesan ini disampaikan Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

“Jangan pilih waktu favorit pagi habis sahur atau malam setelah buka,” jelas Lisye.

Lisye juga menyarankan agar pemudik menghindari tanggal pada waktu puncak arus mudik dan balik Lebaran tanun ini.

“Jangan buka perbekalan di pinggir jalan tol menganggu, di rest area 30 menit dan membeli makanan take away (dibawa pulang) supaya tidak ada penumpukan,” lanjutnya.

Apabila penuh, pemudik bisa menggunakan rest area berikutnya.

Baca juga: 20 Persen Pengguna Tol Kekurangan Saldo E-toll Saat Mudik 2023

Perseroan memastikan akan menyiagakan petugas bagi pengguna jalan tol yang kekurangan saldo uang elektronik (UE) agar bisa melakukan top-up (menambah saldo) saat mudik Lebaran 2024.

Akan tetapi, hanya berada di lokasi-lokasi tertentu seperti pinggir kanan maupun kiri jalan tol, Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area, maupun gardu tol.

"Apabila nanti ada kendaraan yang ternyata saldonya habis saat melakukan transaksi, tentunya kami tetap menyiapkan ada di GT. Tapi, tidak semua gardu, jadi ada di gardu-gardu tertentu pinggir kanan dan pinggir kiri, juga gerbang tol, dan juga di rest area tetap kami siapkan petugas untuk bisa melakukan top-up saldonya," ungkap Lisye.

Akan tetapi, Lisye mengimbau agar masyarakat bisa mencukupi kebutuhan saldo UE melalui fitur jernih Travoy.

"Jadi, masyarakat bisa merencanakan perjalanannya, ditulis di situ, asalnya darimana, tujuannya kemana, disitu akan disampaikan alternatif rute dan begitu juga tarif tol yang harus disiapkan berapa ya, juga tarif tolnya ya bayar berapa, di gerbang berapa, itu akan muncul disitu. Mudah-mudahan itu cukup membantu masyarakat mempersiapkan saldo UE supaya tidak terjadi antrean," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com