Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 April 2024 Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik Lebaran

Kompas.com - 22/03/2024, 06:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun 2024 akan jatuh pada Sabtu (6/4/2024) atau H-4 Lebaran.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana mengatakan pada puncak arus mudik nanti, 259 ribu kendaraan akan melintasi di empat gerbang tol (GT) utama.

“Puncak arus mudik diprediksi akan jatuh pada Sabtu (6/4/2024 atau H-4 Lebaran 2024. 259 ribu kendaraan akan melintasi di empat gerbang tol utama atau naik 66,8 persen dibandingkan lalu lintas normal,” terangnya.

Sementara itu, untuk puncak arus balik, Jasa Marga memprediksi akan jatuh pada H+5 Lebaran atau Senin (15/4/2024).

Baca juga: 20 Persen Pengguna Tol Kekurangan Saldo E-toll Saat Mudik 2023

“Saat puncak arus balik, diprediksi lalu lintas mencapai 300 ribu kendaraan di empat gerbang tol utama, naik hingga 131 persen terhadap normal,” jelas Lisye.

Untuk diketahui, empat GT Utama yang akan dilalui kendaraan keluar dan menuju Jakarta, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikupa (arah Merak).

Menurut Lisye, saat mudik nanti, akan terjadi lonjakan kendaraan yang tinggi menuju maupun dari Jalan Tol Trans Jawa dan Bandung.

Karena itu, lokasi yang menjadi fokus perhatian untuk diantisipasi oleh pengguna jalan yaitu pada KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yang merupakan pertemuan kendaraan menuju/dari Bandung dan Cikampek menuju/dari Jakarta.

“Ini dapat terlihat dari jumlah volume lalu lintas di titik ini yang diprediksi meningkat hingga 118 persen pada puncak arus mudik dan 117 persen pada puncak arus balik,” imbuh Lisye.

Ia juga menyampaikan, tidak hanya mengantisipasi kepadatan di jalan yang menjadi jalur mudik, sejumlah daerah tujuan pariwisata juga harus diantisipasi oleh pengguna jalan.

Baca juga: Sebelum Mudik Lebaran, Pemeliharaan Tol Terpeka dan Permai Tuntas

Misalnya saja, di wilayah Jabotabek untuk yang menuju arah Bogor dan Puncak, di wilayah Jawa Tengah di GT Kalikangkung sebagai gerbang tol utama kendaraan masuk ke arah Semarang dan sekitarnya.

Kemudian di wilayah Jawa Timur di GT Warugunung yang merupakan gerbang tol utama kendaraan
masuk ke arah Surabaya, Malang dan sekitarnya.

“Jasa Marga meminta kerja sama pengguna jalan dalam memilih waktu dan rute selama perjalanan mudik dengan menghindari perjalanan di waktu puncak arus mudik dan arus balik," tandas Lisye. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com