Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

58.702 Kendaraan Lintasi Ruas Fungsional Jogja-Solo saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 12/04/2024, 18:13 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 58.702 kendaraan melewati jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) Ruas Colomadu-Ngawen (Klaten) atau Segmen Kartasura-Klaten sepanjang 22  kilometer pada arus mudik Lebaran.

Angka ini merupakan jumlah kendaraan yang melewati jalur fungsional selama enam hari pada 5-11 April 2024 yang beroperasi satu arah dari Gerbang Tol (GT) Colomadu (Tol Trans-Jawa) menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Rudy Hardiansyah mengatakan, total kendaraan selama enam hari tersebut terdiri 40.965 kendaraan yang menuju Exit Ngawen (Klaten) dan 17.737 kendaraan menuju Exit Ceper Karanganom.

"Sementara itu, untuk volume lalu lintas tertinggi tercatat pada H-3 Hari Raya Idulfitri 1445H (7 April 2024) sejumlah 6.924 kendaraan melalui Exit Ngawen (Klaten) yang masih merupakan exit favorit pengguna jalan, sedangkan untuk Exit Ceper Karanganom tercatat sebanyak 2.504 kendaraan," tutur Rudy, dikutip dari keterangan resmi.

Selain pada arus mudik, ruas fungsional ini juga bisa dimanfaatkan secara gratis pada periode arus balik tanggal 12-15 April 2024.

Kendaraan golongan I non-bus non-truk bisa memanfaatkan ruas fungsional ini secara gratis dengan waktu operasi pukul 06.00-17.00 WIB.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut Tol Japek, Pastikan Kondisi Kendaraan dan Pengendara Prima

PT JMJ berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Dengan melewati jalur fungsional ini, masyarakat tidak perlu melewati 15 titik Lampu Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) serta waktu perjalanan dari Klaten menuju GT Colomadu hanya 25 menit jika dibandingkan dengan jalan nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com