Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Kartasura-Klaten Dibuka untuk Arus Balik

Kompas.com - 12/04/2024, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat dari arah Klaten atau Yogyakarta yang hendak melakukan perjalanan balik melalui Jalan Tol Trans-Jawa kini bisa memanfaatkan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Segmen Kartasura-Klaten.

Jalan tol sepanjang 22 kilometer ini dibuka secara fungsional satu arah pada 5-11 April 2024 untuk arus mudik dan 12-15 April 2024 untuk arus balik.

Kendaraan golongan I bisa memanfaatkan ruas fungsional ini secara gratis dengan jam fungsional pada pukul 06.00-17.00 WIB.

Pada arus balik, pengguna jalan bisa masuk ke jalur fungsional lewat Gerbang Tol (GT) Karanganom atau GT Klaten untuk bisa melanjutkan perjalanan via jalan tol.

Jasa Marga memprediksi, volume lalu lintas di ruas fungsional ini mencapai 1.000 kendaraan per jam dengan kecepatan laju kendaraan sekitar 40 kilometer per jam.

PT Jasamarga Jogja Solo selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan untuk berhati-hati ketika melintas.

Baca juga: Balik Lebaran, Astra Diskon Tarif 20 Persen Tol Tamer, Cipali dan Jombang

Pasalnya, ruas tol ini masih dalam tahap konstruksi meskipun sudah bisa digunakan secara fungsional.

"Kecepatan kendaraan maksimal tidak lebih dari 40 kilometer per jam. Nanti ada rambu-rambu dan petugas Kepolisian. Kami juga memasang CCTV untuk memantau," kata Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo Rudy Hardiasnyah dalam media briefing di Kantor Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024).

Selain itu, Jasamarga juga akan menyediakan kendaraan derek, rescue, ambulans, hingga mobil patroli jalan raya.

"Standar operasional jalan kami siapkan. Jadi ada 11 armada dengan personel sekitar 20 orang yang akan stand by memastikan kelancaran pengguna jalan," imbuh Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com