Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2024, Prospek Hotel Bisnis di Indonesia Semakin Cuan

Kompas.com - 14/03/2024, 13:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2024, diprediksi akan menjadi tahun yang lebih menguntungkan bagi sektor hotel bisnis atau business hotel.

Director Hospitality Colliers Indonesia Satria Wei mengatakan berdasarkan proyeksi yang diamati oleh Colliers, kinerja hotel bisnis secara keseluruhan diperkirakan akan mengalami peningkatan pada tahun 2024.

"Prospek kinerja positif untuk hotel bisnis pada tahun 2024 didorong oleh kegiatan Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions (MICE), termasuk di dalamnya kegiatan yang terkait dengan pemilu. Penyelenggara kegiatan didominasi oleh sektor swasta dan pemerintah,” ungkap Satria dalam Market Insights “Exploring the Anticipated Hospitality Industry in Indonesia for 2024”.

Baca juga: Konflik Hotel Sultan, Pontjo Terbuka untuk Ngobrol Bareng Setneg

Optimisme ini didasarkan pada pertumbuhan aktivitas MICE pada kuartal III tahun 2023, yang mengalami peningkatan sebesar 12 hingga 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan kinerja hotel bisnis di tahun ini tidak hanya disebabkan oleh kegiatan MICE namun juga berbagai kegiatan sosial.

“Acara seperti pernikahan, wisuda, pertemuan, dan jamuan makan diperkirakan akan terus berlanjut memberikan kontribusi yang besar pada sektor hotel bisnis,” jelas Satria.

“Karena itu, prospek MICE pada tahun 2024 diperkirakan akan lebih menguntungkan dibandingkan yang terjadi di tahun 2023,” lanjutnya.

Baca juga: Prabowo: Kita Tidak Butuh Hotel BUMN karena Tidak Strategis

Hotel bisnis sendiri merupakan jenis hotel yang memfasilitasi para tamu yang datang dengan tujuan berbisnis.

Karena itu, jenis hotel ini umumnya banyak ditemukan di pusat kota dan memiliki akses yang mudah ke berbagai tempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com