Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2023, Indonesia Catatkan Investasi Hotel Tertinggi di Asia Tenggara

Kompas.com - 29/02/2024, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia meraih volume investasi hotel tertinggi di Asia Tenggara pada tahun 2023.

Berdasarkan data JLL Indonesia, Indonesia mencatatkan volume investasi hotel tertinggi jika dibandingkan dengan destinasi pesaing lainnya di sub-kawasan ini.

Sebab, investor Indonesia dipimpin oleh para High Net Worth Individual (HNWI) yang yakin dengan fundamental sektor hotel yang solid.

Adapun Indonesia mencatat total transaksi hotel sebesar 171 juta Dollar AS atau setara Rp 2,68 triliun (kurs Rp 15.721) pada tahun 2023.

Dipimpin oleh Jakarta dengan penjualan Mandarin Oriental Jakarta pada Oktober dan Pullman Jakarta Central Park sebagai bagian dari portofolio hotel pertama di Asia Tenggara, serta Bali dengan penjualan Four Points by Sheraton Bali Kuta.

"Dengan Indonesia mencatatkan volume investasi hotel tertinggi di Asia Tenggara pada tahun 2023 berkat kepercayaan investor terhadap fondasi sektor yang kuat, diharapkan minat, dan momentum yang berkelanjutan di tahun 2024," jelas Senior Vice President, Investment Sales Asia, JLL Hotels & Hospitality Group, Julien Naouri dalam rilis pers pada Rabu (28/02/2024).

Baca juga: Hyatt Place Perdana di Indonesia Resmi Dibuka, Hotel Rp 250 Miliar Setara Baby Benz

JLL Indonesia juga memperkirakan bahwa Indonesia akan mencatat total volume investasi hotel sebesar 265 juta Dollar AS atau setara Rp 4,16 triliun pada tahun 2024.

Hal itu didorong oleh aktivitas pasar modal hotel yang lebih kuat seiring dengan munculnya peluang, terutama di segmen mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com