Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Perbaiki Rumah Rusak Berat akibat Banjir Sumbar

Kompas.com - 12/03/2024, 13:18 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah rusak berat akibat banjir di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan diperbaiki pemerintah.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam tinjauannya, Senin (11/3/2024).

Menteri Basuki mengatakan, perbaikan rumah rusak tersebut akan dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Saya nanti menunggu perintah beliau (Kepala BNPB) untuk perumahan karena perumahan punya kebijakan, ada yang rusak ringan, sedang, berat," ucap Basuki.

Rumah dengan kondisi rusak ringan dan berat akan diberikan dana stimulan, sedangkan untuk rumah rusak berat terbuka kemungkinan dibangun ulang atau diberi dana stimulan.

"Rusak ringan ada stimulannya, rusak sedang ada stimulannya, rusak berat bisa dibangunkan bisa juga distimulankan," lanjut Basuki.

Baca juga: Basuki Curigai Pembalakan Liar Jadi Penyebab Banjir Sumbar

Di sisi lain, pembersihan dan perbaikan konektivitas Jalan Raya Padang-Painan Kabupaten Pesisir Selatan ditargetkan rampung seluruhnya dan kembali normal dalan waktu dua minggu.

Saat ini, jalur Lintas Barat Sumatera dari Bengkulu-Painan hingga Padang telah terbuka dan bisa dilalui kendaraan roda empat, tetapi material longsoran dan rumah warga terdampak masih dalam tahap pembersihan.

"Di jalur ini, utamanya ada objek vital Pertamina, yang tidak boleh terputus rantai distribusinya ke kabupaten/kota lain, termasuk ke Pelabuhan Teluk Bayur Padang dan pengangkutan CPO dari Bengkulu. Untuk itu, saya minta dalam seminggu ini kondisi jalan yang terdampak longsor sudah bersih semua," kata Menteri Basuki.

Untuk penanganan longsor di tepi sungai yang mengikis badan jalan nasional, Menteri Basuki mengatakan telah menugaskan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Barat bersama para kontraktor yang ada untuk melakukan penanganan dengan memasang dinding penahan tebing atau sheetpile.

"Terutama di titik-titik rawan longsor untuk dapat segera ditangani dalam dua minggu ke depan. Jalan yang rusak juga segera kembali diaspal sehingga dalam dua minggu kondisi daerah sudah kembali bersih dan normal," tuntas Menteri Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com