Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gudang Logistik di Bekasi dan Cikarang Banjir Permintaan

Kompas.com - 02/03/2024, 15:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Permintaan gudang logistik wilayah Jabodetabek yang paling banyak berada di Bekasi dan Cikarang.

Kondisi tersebut berdasarkan laporan JLL Indonesia pada Kuartal 4-2023.

"Permintaan mencapai lebih dari 150.000 meter persegi (keseluruhan di Jabodetabek), mendominasi di wilayah Bekasi dan Cikarang," ujar Country Head and Head of Logistics & Industrial, JLL Indonesia, Farazia Basarah dalam rilis pers pada Rabu (28/02/2024).

Persaingan yang semakin ketat di antara para pengembang gudang juga terlihat, terutama di area populer seperti Cikarang.

"Persaingan diperkirakan akan semakin ketat dua tahun mendatang terutama untuk area Cikarang dengan total penambahan sekitar 200.000 meter persegi," tandasnya.

Baca juga: Persediaan Gudang di Surabaya Langka, Harga Sewa Naik

Secara keseluruhan, dengan adanya dua penyelesaian proyek baru di Cikarang dan Depok, kini total pasokan pergudangan modern di Jabodetabek hampir mencapai 2,7 juta meter persegi.

"Pasokan ini disertai dengan tingkat hunian yang terpantau terus sehat sejak pandemi, di level 90 persen untuk triwulan keempat," imbuhnya.

Menurut Farazia Basarah, untuk menarik penyewa baru, terdapat beberapa contoh bentuk adaptasi yang dilakukan oleh para pengembang.

Seperti halnya pengembangan gudang multi fungsi sebagai fasilitas penyimpanan dan area perakitan, atau retrofit untuk memenuhi kebutuhan spesifik calon penyewa, juga fleksibilitas komersial dalam paket pembayaran dan harga sewa dasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com