Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Ini Disebut Catatkan Realisasi KPR Rumah Subsidi Tertinggi

Kompas.com - 12/11/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan Dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Junaidi Abdillah menyebutkan bahwa salah satu developer yang menjadi anggotanya memberikan kontribusi besar terhadap upaya pemerintah merumahkan rakyat.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri puncak acara Hari Belanja Rumah Nasional (HABERNAS) 11.11 Vista Land Group, di perumahan Harnomi Primavera, Cileungsi, Kab. Bogor, pada Sabtu (11/11/2023).

"Menurut cacatan kita (APERSI) dan Kementerian PUPR, realisasi KPR (FLPP) rumah subsidi Vista Land Group tertinggi secara nasional. Tahun 2022 realisasinya sekitar 4.250 unit rumah," ujar Junaidi dalam keterangan tertulis.

Selama dua tahun berturut-turut, developer ini mencatatkan rekor tertinggi nasional terkait realisasi akad kredit untuk rumah subdisi.

Dari 3.500 anggota, pada tahun 2022 APERSI berhasil menjual rumah (subsidi dan komersial) sekitar 120.000 unit. Di mana 4.250 unit rumah subsidi disumbang oleh Vista Land Group.

"Kami berharap, sukses ini dapat diikuti developer lain, terutama inisiasinya membuat program HARBERNAS 11.11. Strategi ini akan saya angkat sebagai isu nasional Hari Belanja Rumah Nasional," tukasnya.

Baca juga: Rumah Tapak Masih Jadi Favorit di Daerah Sekitar IKN

Direktur Consumer Banking Bank BTN, Hirwandi Gafar menyampaikan, pihaknya telah bekerja sama dengan Vista Land sejak tahun 2007.

Hingga kini, realisasi akad kreditnya mencapai lebih 40.000 unit (rumah subdisi dan komersial). Ini merupakan salah satu realisasi KPR terbesar untuk satu group pengembang.

"Selain rumah subsidi, kami juga bekerja sama dalam hal pembiayaan KPR rumah komersial (real estate). Kami senang, sebab rumah real estate yang ditawarkan Vista Land harganya cukup terjangkau sehingga mudah diserap masyarakat, khususnya kaum milenial dan keluarga muda," kata Hirwandi.

HABERNAS 11.11 Jaring 1.821 Konsumen

Hal yang mengejutkan hanya dalam tempo satu bulan, 10 Oktober hingga 11 November 2023, HABERNAS 11.11 berhasil menjaring 1.821 konsumen, dan sekitar 1.127 di antaranya telah akad kredit massal pada 11 November 2023.

Akad kredit massal 1.127 konsumen diselenggarakan di 3 lokasi, yaitu Wilayah Barat di Puri Harmoni Cikasungka, Wilayah Timur di Gran Harmoni Cibitung, dan Wilayah Selatan di Harmoni Primavera Cileungsi.

Direktur Vista Land Group, Esther Kristiany Hadi mengatakan, pencapaian program HAREBNAS 11.11 melebihi ekspektasi.

Hanya dalam seminggu setelah dirilis di berbagai media massa, sekitar 30 proyek perumahan Vista Land Group yang tersebar di Jabodetabek langsung diserbu konsumen.

"Konsumen kami yang sudah booking dan berhasil melakukan akad kredit berkesempatan mendapatkan hadiah langsung maupun doorprize dan grandprize," imbuh Esther.

Baca juga: Seputar Rumah Subsidi, Spesifikasi, Harga, hingga Aturan Mainnya

Selain rumah subsidi, lanjutnya, penjualan rumah komersial ternyata juga sangat diminati.

Saat ini Vista Land Group mulai mengembangkan beberapa rumah komersial di Kabupaten Bogor yaitu Harmoni Park Residence Cileungsi, Symphony Primavera, Puri Harmoni Pasirmukti, Harmoni Park Citayam, dan yang terbaru adalah Harmoni Park Bekasi, di Kab. Bekasi.

"Penjualan rumah komersil kami juga sangat baik, karena selain lokasi perumahan yang strategis, kami juga menunjukan komitmen kepada konsumen kami dengan membangun infrastruktur jalan dan fasilitas lebih awal, serta menyediakan stok rumah siap huni. Selain itu juga program kemudahan pembayaran dengan uang muka dan cicilan yang ringan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com