Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tapak Masih Jadi Favorit di Daerah Sekitar IKN

Kompas.com - 10/11/2023, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah tapak masih menjadi favorit konsumen yang mencari rumah di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan perusahaan teknologi real estate, 99 Group, minat masyarakat untuk mencari rumah tapak di beberapa daerah seputar IKN cukup tinggi.

“Jika dilihat preferensi berdasarkan tipe properti, kota besar seperti Balikpapan mencatatkan pencarian yang tinggi untuk rumah tapak yakni sebesar 59,4 persen,” ungkap 99 Group.

Baca juga: Permintaan Rumah Tapak Tinggi, Bikin Investor Asing Kepincut

Sementara itu, untuk kota besar lainnya yakni Samarinda, besar pencarian rumah tapak mencapai 48,1 persen.

Selain dua kota besar ini, terdapat kota-kota lain dengan proporsi peminatan rumah tapak yang tinggi adalah Bontang (60 persen) dan Kutai Timur (33,3 persen)

Dijelaskan, jika dibandingkan dengan kota besar lain di Indonesia, seperti Jakarta dan Surabaya, peminatan ruko di Kalimantan Timur cukup tinggi.

 

“Minat pada ruko yang tinggi terjadi karena banyak kawasan yang masih berkembang dan umumnya memanfaatkan ruko untuk berbagai kegiatan komersial, seperti dijadikan kantor, ruang usaha, bahkan perhotelan,” papar 99 Group.

Di area lain, hanya sedikit masyarakat yang berminat untuk membeli rumah tapak. Namun memiliki minat tertinggi di tanah atau lahan kosong.

Baca juga: Sekian Harga Rumah Tapak yang Paling Banyak Dicari Pembeli

Di area Penajam Paser Utara, yang merupakan lokasi berdirinya IKN Nusantara, minat terhadap pembelian tanah mencapai 88 persen.

Selain itu, di Kutai Kartanegara dan Berau, minat masyarakat untuk membeli tanah juga tinggi yakni mencapai masing-masing 86,7 persen dan 62,9 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com