BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Masih Jadi Primadona, Ini Karakteristik Rumah Tapak yang Jadi Idaman Milenial

Kompas.com - 08/11/2023, 16:22 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumah tapak masih menjadi hunian idaman bagi keluarga milenial di Indonesia. Pasalnya, rumah tapak memiliki bangunan lebih luas ketimbang apartemen jenis standar.

Selain itu, rumah tapak juga menyediakan lebih banyak ruang bagi keluarga untuk tumbuh dan berkembang. Misalnya, ruang bermain untuk anak-anak serta area untuk hobi dan kegiatan keluarga.

Berdasarkan hasil riset 99 Group sejak 2022 hingga semester I/2023, minat milenial dan generasi z membeli rumah tapak masing-masing sebesar 64,4 persen dan 64,6 persen.

Jenis properti selanjutnya yang diminati milenial dan generasi z adalah tanah. Adapun minat milenial dan generasi z dalam membeli tanah masing-masing sebesar 13,6 persen dan 14,3 persen.

Baca juga: Generasi Muda Dukung Gaya Hidup Berkelanjutan, Ini Faktor Pertimbangan Memilih Hunian

Untuk harga, mayoritas milenial dan generasi Z memiliki preferensi harga rumah sekitar Rp 1 miliar hingga Rp3 miliar. Posisinya berikutnya diikuti harga rumah di rentang Rp 400 juta hingga Rp 1 miliar.

Sebagai informasi, milenial merupakan sebutan untuk orang-orang yang lahir mulai 1981 hingga 1996. Sementara, gen Z merupakan sebutan untuk orang-orang yang lahir mulai 1997 hingga 2012.

Adapun hasil riset tersebut menunjukkan bahwa rumah tapak masih menjadi primadona. Sejatinya, generasi muda memiliki berbagai pertimbangan dalam memilih hunian, seperti rumah tapak. Salah satunya adalah hunian perlu menunjang gaya hidup keberlanjutan.

Oleh karena itu, pertimbangan pada hunian dicari yang dapat mengurangi dampak lingkungan, seperti memiliki desain arsitektur ramah lingkungan serta terintegrasi dengan transportasi umum.

Lalu, apa saja karakteristik rumah tapak idaman untuk dihuni keluarga milenial? Simak ulasan berikut.

1. Desain minimalis modern

Desain minimalis modern menjadi salah satu karakteristik rumah tapak idaman keluarga muda milenial. Pasalnya, rumah minimalis memanfaatkan lahan dan ruang secara efisien. Sekat ruangan dibuat minim agar menciptakan ruang terbuka sekaligus memberikan kesan lebih luas.

Baca juga: Resmi Jadi KEK Digital, Ini 4 Kelebihan Nongsa untuk Investasi Properti

Untuk desain, rumah minimalis modern mengutamakan garis bersih, warna netral, dan penggunaan material yang efisien. Interior rumah minimalis biasanya simpel, tetapi tetap menarik dan nyaman. Desain ini menciptakan kesan tertib dan teratur yang menarik bagi keluarga muda.

Dengan ukuran lebih kompak, rumah minimalis lebih mudah dirawat dan dibersihkan. Hal ini meringankan keluarga muda yang cenderung memiliki mobilitas tinggi dan aktivitas padat.

2. Dekat area komersial

Keluarga muda milenial biasanya memiliki gaya hidup aktif dan dinamis. Mereka rutin pergi ke area komersial untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, bersosialisasi, makan-makan bersama keluarga, serta bertemu dengan partner bisnis.

Area komersial sendiri merupakan area bisnis yang terdiri dari berbagai macam fasilitas, seperti pusat perbelanjaan, restoran, kafe, bioskop, taman bermain anak, serta supermarket.

Dengan tinggal di dekat area komersial, keluarga muda milenial dapat memenuhi kebutuhan dan gaya hidup tanpa menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan.

3. Fasilitas penunjang kualitas hidup

Keluarga milenial memiliki kebutuhan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Dalam memilih rumah, keluarga milenial lebih mengutamakan kenyamanan dan kualitas hidup.

Untuk memberikan kualitas hidup terbaik bagi anggota keluarga, keluarga milenial dapat memilih hunian yang terintegrasi dengan fasilitas penunjang kualitas hidup. Pasalnya, fasilitas ini dapat memenuhi kebutuhan fisik, sosial, spiritual, serta intelektual keluarga muda milenial yang dinamis dan aktif.

Baca juga: Mengenal Lifestyle Commercial Center, Penunjang Gaya Hidup Modern di Township

Fasilitas penunjang kualitas hidup terdiri dari fasilitas fisik dan fasilitas nonfisik. Fasilitas penunjang kualitas hidup fisik di antaranya kolam renang, gym, taman bermain, ruang serbaguna, serta rumah ibadah.

Sementara itu, fasilitas penunjang kualitas hidup nonfisik di antaranya layanan kebersihan, layanan keamanan, layanan pemeliharaan rumah, serta layanan komunitas.

4. Akses eksklusif

Selain fasilitas lengkap, keluarga milenial juga mendambakan hunian yang memiliki keamanan ekstra. Kompleks perumahan yang bagus biasanya memiliki akses eksklusif untuk menunjang keamanan penghuni.

Akses eksklusif dapat berupa gerbang masuk yang dijaga oleh satpam, sistem keamanan canggih, jalan masuk yang hanya dapat diakses oleh penghuni dan tamu yang diundang, serta kawasan perumahan yang dijaga dengan ketat.

Akses eksklusif dapat meningkatkan keamanan rumah dengan membatasi akses orang yang tidak berkepentingan. Dengan membatasi akses orang yang tidak dikenal, akses eksklusif dapat meningkatkan privasi rumah.

5. Akses transportasi terintegrasi

Ketimbang generasi sebelumnya, keluarga milenial cenderung aktif dan memiliki mobilitas tinggi. Pasalnya, generasi milenial kerap beraktivitas di luar ruangan, seperti bekerja, berolahraga, berwisata, dan bersosialisasi.

Tak heran, bila keluarga milenial mendambakan hunian yang dekat dengan akses transportasi terintegrasi.

Seperti diketahui, akses transportasi terintegrasi merupakan sistem infrastruktur yang dapat menghubungkan berbagai moda transportasi, seperti kereta api, bus, dan angkutan umum dalam satu sistem yang terpadu.

Melalui sistem tersebut, pengguna dapat bepergian ke tempat kerja, pusat perbelanjaan, sekolah, dan tempat hiburan tanpa bergantung pada kendaraan pribadi. Hal ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas sekaligus mengurangi polusi.

Excelia Taman Banjar Wijaya

Itulah lima karakteristik rumah tapak idaman milenial yang patut Anda ketahui. Jika Anda juga mengidamkan karakteristik rumah tapak seperti itu, Anda bisa melirik hunian terbaru Sinar Mas Land di BSD City, yakni Excelia yang berlokasi di Taman Banjar Wijaya.

Excelia mengusung konsep hunian modern.DOK. Sinar Mas Land. Excelia mengusung konsep hunian modern.

Excelia mengusung konsep hunian modern dengan desain minimalis untuk menunjang gaya hidup urban yang dinamis dan praktis. Hunian ini ditata dengan mengedepankan kesederhanaan, estetika rapi dan bersih, serta menggunakan elemen-elemen minimalis. Berkat penggunaan tempat yang efisien, ruangan dalam rumah menjadi lebih luas dan nyaman.

Untuk desain interior, hunian ini memaksimalkan tata letak ruangan tanpa sekat menggunakan sistem cross ventilation design. Desain ini mampu memaksimalkan pencahayaan serta aliran udara melalui bukaan jendela yang besar.

Sirkulasi udara yang baik dapat mengurangi kebutuhan akan sistem heating, ventilation, serta air conditioning (AC). Hal ini membuat penghuninya mampu menghemat energi dan mengurangi dampak lingkungan karena penggunaan energi lebih rendah.

Selain itu, terdapat juga balkon untuk menunjang kebutuhan pola hidup yang lebih sehat. Dengan kehadiran balkon, penghuni dapat menikmati udara pagi hari atau bersantai pada sore hari.

Excelia memiliki desain interior yang kompak. DOK. Sinar Mas Land. Excelia memiliki desain interior yang kompak.

Perlu diketahui, hunian Excelia terdiri dari dua tipe, yakni tipe 64 dengan luas tanah 64 meter persegi dan luas bangunan 50 meter persegi dan tipe 69 dengan luas tanah 69 meter persegi dan luas bangunan 55 meter persegi. Masing-masing tipe terdiri dari 3 kamar tidur, 2 kamar mandi dengan akses kamuflase dan kamar lantai atas dengan double access ke kamar mandi, serta 1 carport.

Untuk menjaga keamanan, hunian Excelia menggunakan sistem smart lock door dan sistem closed circuit television (CCTV) pada dua titik di setiap unit rumah. Gerbang klaster ini juga memiliki CCTV tersendiri yang membuat pengawasan keamanan lebih terkontrol selama 24 jam.

Untuk menunjang gaya hidup sehat, hunian Excelia dilengkapi dengan Club House yang menyediakan berbagai fasilitas, seperti badminton, lapangan basket, kolam renang, tenis meja, serta gym dengan adanya jadwal aerobik.

Excelia memiliki ruangan kamar tidur yang luas.DOK. Sinar Mas Land. Excelia memiliki ruangan kamar tidur yang luas.

Hunian Excelia terletak di lokasi strategis karena dekat dengan Pasar Modern Banjar Wijaya, Mayapada Hospital Tangerang, Tangcity Mall, Situ Cipondoh, dan Tol Bandara-Kunciran.

Selain itu, penghuni Excelia juga dapat mengakses berbagai transportasi publik, seperti Terminal Poris, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Tanah Tinggi. Berbagai akses ini dapat memudahkan penghuni untuk beraktivitas di daerah penyangga Kota Tangerang, seperti Jakarta dan Bogor.

Sebagai informasi, hunian Excelia tipe 64 dibanderol sekitar Rp 1,47 miliar dan tipe 69 sekitar Rp 2 miliaran.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman Sinar Mas Land, Instagram @sinarmas_land, serta menghubungi nomor 021 53159000.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com