Kompas.com - 09/08/2022, 20:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), pada Selasa (09/08/2022).

Pembangunan Pelabuhan Kijing dilakukan sejak 2018 dan selesai pada 2022 dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 2,9 triliun.

Kijing disebut sebagai pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan, sebab memiliki kapasitas 500.000 TEUs dan 8 juta non-peti kemas.

"Ini sangat besar sekali dan merupakan pelabuhan terbesar yang ada di Kalimantan," ujar Jokowi dikutip dari laman presidenri.go.id.

Menurut dia, kehadiran pelabuhan ini diharapkan diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk unggulan yang dihasilkan Provinsi Kalbar.

Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat.Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden. Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat.
"Karena di sini memiliki kekuatan besar crude palm oil (CPO), alumina, bauksit, dan produk-produk lainnya," katanya.

"Jangan sampai investasi yang besar seperti itu tidak bisa memperkuat daya saing dan tidak bisa memperbaiki konektivitas antarpelabuhan, antarpulau, dan antarnegara," imbuhnya.

Baca juga: Pontianak-Pelabuhan Kijing Bakal Tersambung Jalan Tol

Selain itu, Presiden juga meminta Kementerian PUPR agar akses jalan dari Pelabuhan Kijing menuju Kota Pontianak bisa diperlebar.

"Ini Pak Menteri PU hadir, diselesaikan sekalian, sehingga perjalanan kontainer maupun yang non-peti kemas bisa lancar dan tujuan akhir kita memperkuat daya saing itu bisa kita lakukan," pungkas Jokowi.

Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat. Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden. Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat.
Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, Pelabuhan Kijing merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang menugaskan PT Pelindo (Persero) melalui konsesi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.