Bus PPD Sumbang 3 Persen Keterangkutan Stasiun MRT Lebak Bulus, Begini Trik Pengelola

Kompas.com - 10/08/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) menyumbang 3 persen keterangkutan penumpang Stasiun MRT Lebak Bulus.

Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum (Perum) PPD Pande Putu Yasa menjelaskan, salah satu trik yang digunakan oleh pihaknya untuk meningkatkan pelayanan adalah dengan menyediakan grup percakapan.

"Sebagai operator layanan transportasi publik, PPD selalu tertantang untuk mengikuti tren dan berinovasi agar pelanggan kami mendapatkan kemudahan saat menggunakan layanan kami," katanya, melansir laman resmi Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Lewat adanya grup percakapan tersebut, pengemudi bus bisa secara interaktif memberikan informasi real time tentang posisi dan jadwal operasional bus.

"Kerja sama dengan MRT Jakarta juga bukti komitmen kami untuk mendukung sistem transportasi publik terintegrasi di Jabodetabek," tambahnya.

Baca juga: Ada Layanan Antar-jemput Swoop Menuju MRT Jakarta, Catat Titiknya

Sementara menurut salah satu penumpang yang tidak ingin disebutkan namanya, adanya layanan Bus PPD bisa menghemat pengeluaran.

"Lebih kepada penghematan, sih, daripada naik mobil pribadi. Bayar parkir, tol, bahan bakar dan nggak bisa istirahat di jalan," ungkapnya.

Selain itu, jam operasional Bus PPD sesuai dengan jadwal kerja penumpang karena tidak terlalu pagi atau siang.

Penumpang tersebut turut merasa terbantu lewat adanya grup percakapan karena pengemudi selalu membagikan lokasi terkini di grup.

Bahkan penumpang juga bisa menyampaikan bahwa mereka sedang menunggu di lokasi tertentu, sehingga pengemudi bisa mengetahui akan ada penumpang di titik jemput berikutnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Jumlah Penumpang MRT Jakarta Turun

Untuk diketahui, tersedia 3 unit Bus PPD yang melayani jalur dari Halte Bus Scientia Square Park, Gading Serpong menuju Stasiun MRT Lebak Bulus.

Jam operasionalnya adalah mulai pukul 05.50 WIB, 06.50 WIB, dan 08.00 WIB dan arah sebaliknya pukul 17.00 WIB, 18.00 WIB, dan 19.15 WIB dengan tarif Rp 25.000 per perjalanan.

Bus yang digunakan juga telah menerapkan protokol kesehatan serta menyediakan fasilitas penyimpanan sepeda lipat sehingga mendukung upaya last and first mile mobilitas masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.