Kompas.com - 09/08/2022, 16:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang menyelesaikan pembangunan pengaman pantai di kawasan pesisir Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Infrastruktur itu dibangun untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang juga ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Mengingat KEK Tanjung Lesung terkenal dengan keindahan destinasi wisata bahari dengan air lautnya yang jernih.

Sehingga bangunan pengaman akan melindungi pantai dari risiko abrasi akibat terjangan ombak, sekaligus melestarikan vegetasi serta menjaga permukiman dan kawasan pariwisata di sekitar pantai saat air laut pasang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya memberikan sejumlah dukungan infrastruktur untuk KEK Tanjung Lesung.

Mulai dari sistem air minum, rumah susun untuk pekerja, jalan tol, hingga tanggul atau bangunan pengaman pantai.

"Pengaman pantai Tanjung Lesung ini dilengkapi juga dengan ruang publik, seperti plaza, taman, dan jogging track sepanjang 13 kilometer," ujar Basuki saat meninjau infrastruktur KEK Tanjung Lesung pada Senin (08/08/2022), dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Rusun Pekerja KEK Tanjung Lesung Dikelola Banten West Java dan Pemkab Pandeglang

Pembangunan pengaman Pantai KEK Tanjung Lesung mulai dikerjakan pada 2020 dan ditargetkan selesai 2023 dibawah tanggungjawab BBWS Ciujung, Cidanau dan Cidurian.

Pembangunan pengaman pantai KEK Tanjung Lesung dilengkapi jogging track.Dok. Kementerian PUPR Pembangunan pengaman pantai KEK Tanjung Lesung dilengkapi jogging track.
Konstruksi bangunan dikerjakan melalui 2 paket pekerjaan. Yakni Paket 1 oleh kontraktor PT Waskita Karya Tbk dengan nilai kontrak Rp 249,9 miliar.

Progres pekerjaan paket 1 sebesar 51,35 persen, meliputi revetmen pengaman pantai sepanjang 6,2 kilometer yang dilengkapi jogging track dengan lebar 5 meter.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Bakal Sokong Kawasan Pariwisata Tanjung Lesung

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.