Kompas.com - 09/08/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR kini tengah membangun pengaman pantai di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Sebagaimana melansir dari laman Kementerian PUPR, bangunan pengaman pantai KEK Tanjung Lesung memiliki panjang 13,8 kilometer.

Bangunan mencakup revetmen pengaman pantai yang dilengkapi jogging track itu ditargetkan selesai konstruksinya pada 2023 mendatang.

"Pengaman pantai Tanjung Lesung ini dilengkapi juga dengan ruang publik, seperti plaza, taman, dan jogging track, sepanjang 13 kilometer," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (09/08/2022).

Seiring pembangunan infrastruktur sumber daya air itu, tahukah Anda bahwa sebetulnya bangunan pengaman pantai memiliki beberapa jenis?

Hal itu tertera dalam salinan dokumen Modul Pengenalan Bangunan Pantai dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR.

Baca juga: Pengaman Pantai KEK Tanjung Lesung Akan Dilengkapi Ruang Publik

Untuk diketahui, bangunan pengaman pantai digunakan untuk melindungi garis pantai terhadap kerusakan karena serangan gelombang dan arus air laut.

Sebab, pengaruh dari beberapa faktor seperti pasang surut air laut nantinya akan mudah menggerakkan sedimen-sedimen di sekitar garis pantai, sehingga akan sering terjadi erosi pada pantai.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi pantai, yaitu memperkuat pantai atau melindungi pantai agar mampu menahan kerusakan.

Namun berdasarkan struktur bangunannya, berikut beberapa jenis pengaman pantai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.