Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembangan Awal Pelabuhan Anggrek di Gorontalo Akan Dimulai, Seperti Apa?

Kompas.com - 26/07/2022, 05:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangan tahap pertama Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, yang menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) akan segera dimulai.

Karena pada Senin (25/07/2022), telah dilakukan penandatanganan perjanjian kredit atau pembiayaan antara PT Anggrek Gorontalo Internasional Terminal (AGIT) selaku pengelola pelabuhan atau debitur, dengan PT Bank BNI (Persero) dan PT. Indonesia Infrastructure Finance (IIF) selaku kreditur.

Hadir dalam kesempatan tersebut. Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa Kemenhub ditugaskan untuk mengajak pihak swasta untuk turut mengembangkan pelabuhan.

"PT AGIT sangat tepat untuk mengembangkan Pelabuhan Anggrek yang dibangun dengan konsep smart port," ujarnya dikutip dari laman Kemenhub.

Baca juga: Perhatikan, Ini 5 Pelabuhan Utama Terbesar di Indonesia

Menhub menyampaikan apresiasi kepada PT AGIT yang telah berkomitmen merealisasikan dan mengoperasikan proyek ini meski di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu, Menhub juga menyampaikan apresiasi Bank BNI dan IIF yang telah bersedia memberikan pendanaan dan konsisten mendukung terlaksanannya pendanaan kreatif non APBN ini.

"InsyaAllah pelabuhan ini memberikan manfaat bagi kemajuan perekonomian serta meningkatkan daya saing Indonesia," tandasnya.

Adapun pembangunan tahap pertama Pelabuhan Anggrek yakni perluasan dermaga, lapangan peti kemas (kontainer), kargo, dan fasilitas pendukung lainnya.

Sementara itu, Direktur Utama AGIT Hiramsyah Sambudhy Thaib mengatakan, proyek ini merupakan tantangan tersendiri bagi pihaknya.

Baca juga: Pontianak-Pelabuhan Kijing Bakal Tersambung Jalan Tol

Dengan skema KPBU, pengembalian dana investasi yang dikeluarkan tidak hanya tergantung pada efisiensi pengelolaan pelabuhan.

Melainkan juga akan sangat ditentukan bagaimana meningkatkan perekonomian dan arus barang dari dan ke Gorontalo.

"Tantangan kami tidak sebatas mengelola pelabuhan saja, tapi bagaimana membuat pengembangan pelabuhan ini menjadi lokomotif, untuk memperkuat ekosistem perekonomian Gorontalo menjadi destinasi investasi yang menarik," terangnya.

Pengelolaan Pelabuhan Anggrek dilaksanakan oleh PT AGIT selama kurun waktu 30 tahun. Sesuai dengan Perjanjian KPBU Pelabuhan Anggrek antara Kemenhub dengan PT. AGIT yang telah ditandatangani pada 2021 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com