Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Ciwandan Bakal Jadi Dermaga Alternatif pada Mudik 2023

Kompas.com - 20/06/2022, 17:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menjadikan Pelabuhan Ciwandan sebagai dermaga alternatif untuk meningkatkan pelayanan mudik tahun 2023.

Pengoperasian Pelabuhan Ciwandan ini juga dilakukan untuk mengurai antrean panjang di Pelabuhan Merak.

Terkait hal ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Pelabuhan Ciwandan akan dikelola oleh PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry.

“Pelabuhan Ciwandan akan menjadi tambahan dermaga yang di-manage oleh ASDP, walaupun itu milik Pelindo (PT Pelabuhan Indonesia). Jadi settlement itu sudah terjadi,” ungkap Menhub dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI bersama Menteri PUPR, BMKG dan Basarnas, Senin (20/6/2022).

Baca juga: Animo Tinggi, Kemenhub Akan Tingkatkan Mudik Gratis Tahun Depan

Selain Pelabuhan Ciwandan, Kemenhub juga akan mengoperasikan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) serta Pelabuhan Panjang untuk mengurai antrean di Pelabuhan Bakauheni.

Langkah lain turut direncakanan oleh Kemenhub guna meningkatkan pelayanan mudik tahun depan dengan menambah kapasitas dermaga dan melakukan evaluasi ulang terhadap kinerja Pelabuhan Merak.

Kemenhub juga akan membuat dermaga khusus angkutan barang yang terpisah dari angkutan penumpang.

Di sisi lain, Menhub mengusulkan adanya pelebaran jalan menuju Pelabuhan Merak setelah Tol Merak selebar 1,5 meter.

“Saya pikir kita memang harus improve, saya juga sudah sampaikan kepada Menteri PUPR kalau bisa jalan untuk Tol Merak itu diperbesar sehingga lalu lintasnya lebih baik, selain kita aktifkan Pelabuhan Ciwandan,” tambah Menhub.

Sedangkan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di pelabuhan saat peak season, juga diusulkan untuk menambahkan rest area di ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak atau tepatnya di Km 88.

Baca juga: Agar Lebih Banyak Peminat, Anggaran Mudik Gratis 2023 Akan Ditambah

Sementara dari moda laut, Kemenhub tengah mengkaji kemungkinan rute Jakarta-Semarang atau Surabaya untuk pelayanan rutin sebagai angkutan perintis guna mengurangi kepadatan lalu lintas di darat.

“Karena kapasitas kita saat itu besar sekali tapi tidak terutilisasi karena belum biasa dan istimewanya untuk laut ini sebenarnya banyak sekali kapasitas yang bisa ditampung,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com