Baru Dibuka, Intip Jembatan Gantung Pejalan Kaki Terpanjang di Dunia

Kompas.com - 17/05/2022, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sky Bridge 271 di Republik Ceko telah menyabet predikat jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia dengan 721 meter.

Setelah dua tahun pembangunan, jembatan yang terletak di antara pegunungan Kralicky Snezník ini baru saja dibuka pada Jumat (13/05/2022).

Jembatan yang menelan dana pembangunan sekitar 200 juta koruna Ceko atau setara Rp 123,8 miliar (kurs Rp 619.141) ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Baca juga: Intip Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia, Disebut Mampu Tahan Beban 500 Orang

Sky Bridge 271 yang membentang sepanjang 721 meter mengalahkan rekor jembatan di Kawasan Arouca, Portugal, dengan 516 meter.

Sky Bridge 271 di Republik Ceko, jembatan gantung pejalan kaki terpanjang dunia.Dok. Dolní Morava Sky Bridge 271 di Republik Ceko, jembatan gantung pejalan kaki terpanjang dunia.
Selain panjang, jembatan ini juga berdiri pada ketinggian 95 meter di atas permukaan tanah dan 1.116 meter di atas permukaan laut.

Untuk membangun Sky Bridge 271 menggunakan 1.030 meter kubik beton. Sehingga total beratnya 405 ton, dengan berat tali mencapai 158 ton, dan struktur tambahan 20 ton.

Sebanyak enam tali penopang utama dan 60 tali angin dengan berbagai diameter menjadi penahan jembatan gantung yang memiliki lebar 1,2 meter ini.

Pada satu waktu jumlah yang diizinkan melintasi jembatan ini mencapai 500 orang. Namun dalam dua pekan pertama ini baru diizinkan 250 orang saja.

Sky Bridge 271 di Republik Ceko, jembatan gantung pejalan kaki terpanjang dunia.Dok. Dolní Morava Sky Bridge 271 di Republik Ceko, jembatan gantung pejalan kaki terpanjang dunia.
Selain itu, jembatan akan ditutup untuk alasan keamanan jika kecepatan angin mencapai 135 kph (84 mph).

Saat melintasi jembatan, pengunjung akan memiliki kesempatan unik untuk belajar tentang sejarah lokal melalui jalur pendidikan yang disebut The Bridge of Time.

Di sini, total delapan panel pendidikan dan permainan interaktif yang terhubung dengan tugas-tugas diatur secara tematis serta kronologis.

Sehingga, setelah berjalan ringan di sepanjang rute yang ditandai memakan waktu sekitar satu jam, setiap pengunjung akan kembali ke masa kini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.