Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk NTB, Irigasi 1.900 Hektar Lahan Pertanian

Kompas.com - 02/05/2024, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tiu Suntuk, di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (2/5/2024).

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Kamis (2/5/2024), Presiden meyakini keberadaan infrastruktur dengan alokasi anggaran Rp 1,4 triliun ini dapat mendukung produktivitas pertanian, suplai air baku, sekaligus mereduksi banjir di sekitar Sumbawa Barat.

“Kapasitasnya 60,8 juta meter kubik, akan menampung air sebanyak itu, besar sekali, dan manfaatnya untuk irigasi 1.900 hektar, untuk air baku 680 liter per detik, dan juga bisa mereduksi adanya banjir di sekitar Sumbawa Barat,” kata Presiden.

Lebih jauh, Presiden menekankan bahwa air sangat penting bagi kehidupan masyarakat sehari-hari.

Baca juga: 19 Bendungan Selesai Dibangun Tahun 2024, Ini Daftarnya

“Sekali lagi, air menjadi sangat penting bagi kehidupan kita utamanya di NTB, baik itu untuk pertanian, air baku, air minum kita,” ujarnya.

Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat, salah satunya melalui pembangunan bendungan yang dilakukan di berbagai kawasan di tanah air.

“Pemerintah dalam 10 tahun ini telah membangun tujuh bendungan di NTB, hanya di NTB paling banyak. Dan, Bendungan Tiu Suntuk ini menjadi salah satu bendungan besar,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com