Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik ke Sukabumi, Ada Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara

Kompas.com - Diperbarui 12/11/2022, 20:21 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah tahukah Anda bahwa jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara berada di Indonesia? 

Untuk mengingatkan kembali, status tersebut masih melekat pada Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Jembatan yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini telah menjadi salah satu tempat wisata selama bertahun-tahun.

Baca juga: 73 Jembatan Gantung Akan Dibangun Tahun 2022, di Mana Saja?

Mengutip unggahan Instagram Kementerian PUPR pada Selasa (29/03/2022), Jembatan Gantung Situ Gunung memiliki panjang 243 meter dengan ketinggian 107 meter dari atas sungai.

Untuk itu, infrastruktur yang memiliki nama lain Situ Gunung Suspension Bridge ini menjadi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Jembatan Gantung Situ Gunung bertumpu pada ketegangan kabel. Dengan kabel utama yang berlabuh di setiap ujung jembatan.

Jembatan Gantung Situ GunungInstagram Situgunung Suspension Bridge Jembatan Gantung Situ Gunung
Untuk rancangannya, jembatan ini berkonstruksi kabel baja dengan lantai dari kayu ulin asli Papua seberat 80 ton. Sebagaimana informasi yang dikutip dari laman indonesia.go.id.

Penggunaan kayu ulin sebagai bahan lantai jembatan dimaksudkan agar lebih tahan terhadap cuaca dan tidak mudah dimakan rayap.

Jembatan yang dibangun atas kerja sama pemerintah bersama pihak swasta ini pertama kali dilakukan pada pertengahan 2017.

Melansir informasi dari situs resmi situgunungbridge.com, proses pembangunannya dilakukan secara manual dengan melibatkan masyarakat lokal dan tenaga ahli dari Bandung.

Meskipun tidak menggunakan alat berat, pembangunan jembatan selesai dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, lebih tepatnya selama 4 bulan.

Jembatan Gantung Situ GunungInstagram Situgunung Suspension Bridge Jembatan Gantung Situ Gunung
Untuk keselamatan dan kenyamanan, selama pembangunan dilakukan pendampingan teknis dari Puslitbang Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR.

Pembangunan Jembatan Gantung Situ Gunung merupakan hasil kerja sama antara pihak TNGGP dengan pihak ketiga.

Sebagaimana merujuk informasi dari situs Kementerian Keuangan (Kemenkeu), jembatan yang diresmikan pada tahun 2019 ini merupakan hasil kerja sama pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN).

Antara pihak TNGGP dengan pihak ketiga yang dibangun dengan mekanisme Bangun Guna Serah (BGS).

Artinya, jembatan ini dibangun oleh pihak ketiga, digunakan terlebih dahulu oleh pihak ketiga dalam kurun waktu yang ditentukan, baru kemudian diserahkan kepada pihak TNGGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com