Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kemacetan, "Contraflow" di Km 44-46 Tol Jagorawi Diberlakukan

Kompas.com - 04/05/2022, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Atas diskresi kepolisian, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Jagorawi memberlakukan contraflow di Ruas Tol Jagorawi arah Ciawi.

Pemberlakuan contraflow ini dimulai pada Rabu (4/5/2022) pukul 06.30 WIB pada Km 44+500 sampai dengan 46+500, khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi.

Rekayasa lalu lintas (lalin) ini dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan yang menuju Ciawi/Puncak dan Sukabumi.

Baca juga: Tak Ingin Terjebak Macet? Bepergianlah di Luar Puncak Arus Mudik

Sehari sebelumnya, yakni pada Selasa (3/5/2022), JMT juga memberlakukan contraflow di Km 05+000 sampai dengan Km 13+000 arah Bogor/Ciawi. 

Contraflow diberlakukan untuk mengrai kepadatan di lokasi pertemuan lalins pengguna jalan yang berasal dari Ruas Tol JORR E, Ruas Tol JORR S, serta pengguna jalan dari Ruas Tol Dalam Kota dan Ruas Tol Jagorawi.

Namun, Jasa Marga atas diskresi pihak kepolisian akhirnya menghentikan contraflow pada sore hari pukul 15.00 WIB karena kepadatan lalin telah terurai. 

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, pihak JMT telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalulintas di lokasi contraflow.

Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar memastikan kondisi diri sebelum melakukan perjalanan. Kondisi kendaraan juga harus dalam keadaan prima demi kenyamanan perjalanan.

Baca juga: Lalin Kembali Lancar, Contraflow di Tol Jagorawi Dihentikan Sore Ini

Pengguna jalan tol juga wajib memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektronik agar tetap nyaman dalam perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com