Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Berkendara Lancar, Aman, Nyaman, dan Selamat di Lajur "Contraflow"

Kompas.com - 11/04/2024, 10:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama periode arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah dilakukan sejumlah rekayasa lalu lintas berupa one way dan contraflow.

Rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk melaksanaan Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kakorlantas Polri dan Direktur Jenderal Bina Marga Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445H

PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) sebagai anak usaha service provider Jasa Marga Group turut mendukung pelaksanaan rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian tersebut dengan menempatkan petugas pengatur lalu lintas dan juga perambuan yang dibutuhkan.

Baca juga: Tiga Indikator Ini Jadi Landasan Penerapan Rekayasa Lalu Lintas

Direktur Utama PT JMTO Yoga Trianggoro menjelaskan, penerapan rekayasa lalu lintas bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas pada ruas jalan nasional, termasuk jalan tol.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, kami sebagai operator jalan tol memastikan kesiapan petugas, armada, perambuan, sarana dan prasarana dalam mendukung rekayasa lalu lintas,” ujar Yoga dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Namun, ia juga berharap ada bantuan dan kerja sama para pengguna jalan untuk berkendara dengan aman dan selamat selama berada di lajur dan jalur rekayasa lalu lintas. 


Yoga menjelaskan, pengguna jalan yang berada di jalur contraflow agar memastikan kondisi kendaraan dan pengendaranya dalam kondisi prima.

Jika sedang mengantuk atau kelelahan, agar tidak masuk ke jalur contraflow dan segera ke rest area untuk beristirahat. Selain itu, jika sudah masuk contraflow agar tetap pada lajurnya, tidak berkendara terlalu kiri maupun terlalu kanan.

“Kami imbau pengguna jalan agar disiplin dalam berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan, mematuhi batas kecepatan yang dipersyaratkan dan tidak mendahului kendaraan lain mengingat terbatasnya lajur yang dibuka untuk contraflow,” ujar Yoga.

Baca juga: Penjelasan Jasa Marga: Kecelakaan di Tol Japek Libatkan Satu Bus dan Dua Mobil Pribadi

Apabila pengguna jalan mengalami kondisi darurat khususnya di lajur contraflow, hal yang wajib dilakukan adalah menepi di bahu dalam (lajur paling kiri di lajur contraflow) serta menyalakan lampu hazard.

Dalam kondisi darurat tersebut, pengguna jalan bisa langsung menghubungi One Call Center Jasa Marga 14080 untuk mendapatkan bantuan dari petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com