Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Awal April, Ada 543.000 Orang Pakai Aplikasi Travoy

Kompas.com - 11/04/2024, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mengoptimalkan pelayanan berbasis teknologi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. konsisten mengembangkan Aplikasi Travoy.

Aplikasi ini merupakan asisten digital perjalanan dengan sejumlah fitur unggulan yang terintegrasi dari Jasa Marga Tollroad Command Center dan dapat diakses oleh masyarakat.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, hingga awal April 2024, tercatat ada 543.000 user atau pengguna yang telah menggunakan aplikasi Travoy.

Rinciannya, 480.000 user mengunduh aplikasi Travoy dari aplikasi Android, sedangkan sisa 63.000 user melakukan unduhan dari aplikasi iOS.

Faiza menggarisbawahi adanya penambahan jumlah user hingga 13.000 orang dari akhir Maret hingga awal April 2024 ini diperkirakan untuk membantu akses informasi terkait arus mudik dan balik libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Baca juga: Tak Perlu Khawatir Mudik Lewat Jalan Tol, Kini Ada Fitur Travoy Journey

“Keunggulan dan kemudahan yang dihadirkan Aplikasi Travoy versi baru akan membantu pengguna jalan dalam merencanakan perjalanan dengan lebih baik lagi,” ujar Fazia.

Dikatakan, fitur baru yang dikembangkan yaitu Travoy Journey yang dapat memberikan informasi mengenai estimasi jarak, waktu tempuh, dan tarif tol.

Pengguna juga bisa mengakses informasi lalu lintas, CCTV real time, rest area yang akan dilalui, informasi pada Dynamic Message Sign (DMS) hingga kecepatan rata-rata selama rute perjalanan.

Faiza menjelaskan, dalam mengakses fitur terbaru ini, para pengguna cukup membuka Aplikasi Travoy, lalu klik “Mulai Perjalanan” di tampilan.


Setelah itu masukkan lokasi asal dan lokasi tujuan di tampilan lalu pilih golongan kendaraan. Setelah selesai maka akan ditampilkan sejumlah rekomendasi rute perjalanan dengan menggunakan jalan tol berdasarkan total tarif, waktu tempuh, dan jarak tempuh terkecil hingga terbesar.

Terakhir klik “Mulai Perjalanan” untuk menampilkan gerbang tol dan tarif per gerbang tol berdasarkan rute yang sudah dipilih.

Baca juga: Pantau Arus Mudik Lebaran, Hutama Karya Gunakan AI

Selain itu, melalui fitur terbaru ini, pengguna jalan akan mendapatkan notifikasi melalui navigasi suara jika terdapat rest area terdekat.

Informasi lalu lintas pun akan tampil dalam push notification apabila terjadi kejadian di ruas tol yang terdekat dengan lokasi pengguna, seperti informasi gangguan lalu lintas, rekayasa lalu lintas, dan pemeliharaan.

“Fitur tersebut merupakan fitur Event Lalu Lintas yang mempermudah pengguna jalan mendapatkan informasi real time melalui push notification tanpa harus membuka aplikasi,” tambahnya.

Fitur lainnya yang juga penting untuk memudahkan pengguna jalan terutama dalam kondisi darurat yaitu fitur Chat Us di mana pengguna jalan akan diarahkan ke layanan pesan WhatsApp berbasis artificial intelegent (AI) untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

“Ada juga fitur Hub 14080 yang memudahkan pengguna agar dapat terhubung secara langsung dengan Live Agent Call Center 14080,” tandas Faiza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com