Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Signifikan, 86.717 Kendaraan Lintasi Tol Jombang-Mojokerto H+1 Lebaran

Kompas.com - 12/04/2024, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Tol Jombang-Mojokerto pada H+1 Lebaran, Kamis (11/4/2024) meningkat pesat hingga 41,9 persen dari hari sebelumnya.

Astra Infra mencatat, sebanyak 86.717 kendaraan melintasi ruas tol ini. Lonjakan terjadi karena faktor mobilitas silaturahmi.

Kepadatan sempat terjadi di Exit Gerbang Tol (GT) Bandar karena meningkatnya volume kendaraan di jalur arteri Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang menuju Kediri.

Kemacetan ini dipicu kepadatan arus lalu lintas di Simpang Tiga Mengkreng yang merupakan titik pertemuan tiga kabupaten, yakni Kediri, Jombang, dan Nganjuk.

Sebagai salah satu upaya penguraian kepadatan ini, pihak kepolisian sempat menerapkan rekayasa lalu lintas.

Kendaraan dari arah Surabaya yang melalui Tol Jombang–Mojokerto diarahkan keluar di Jombang/Nganjuk.

Baca juga: H+2 Lebaran, Kendaraan Lewati Tol Gempol-Pandaan Meningkat 70 Persen

Sementara di Ruas Tol Cikopo–Palimanan (Cipali), Astra Infra mencatat sekitar 130.678 kendaraan melintas pada H+1 Lebaran.

Sedangkan di Tol Tangerang–Merak (Tamer) terpantau sekitar 126.711 kendaraan melintas atau meningkat sekitar 11 persen dari hari sebelumnya.

Peningkatan jumlah kendaraan melintas dipengaruhi arus silaturahmi dan wisata, dilihat dari adanya peningkatan lalu lintas di GT yang mengarah ke tujuan wisata, seperti Cilegon Timur dan Serang Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com