Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Ramadhan, Semen Gresik Salurkan Rp 7,62 Miliar Bagi Masyarakat

Kompas.com - 02/05/2022, 19:05 WIB
Hamzah Arfah,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Selama Bulan Ramadhan 2022, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) selama Bulan Ramadhan telah menyalurkan bantuan sebesar Rp7,62 miliar.

Adapun bantuan tersebut, diberikan kepada masyarakat yang berada di sekitar lokasi operasional perusahaan.

Dalam agenda yang diberi tajuk 'Ramadhan Berbagi' tersebut, total penerima manfaat ada sebanyak 120.876 orang, yang tersebar dari Provinsi Aceh, Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sulawesi Selatan. Kegiatan 'Ramadan Berbagi', dimulai sejak Senin (4/4/2022) hingga Sabtu (30/4/2022).

General Manager of CSR SIG, Edy Saraya mengatakan, Bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat untuk berbagi dan meningkatkan silaturahmi dengan warga.

Baca juga: Melihat Atraksi Lighting Fasad JIS, Ada Tulisan Ramadhan

Ini merupakan wujud kepedulian dan komitmen perusahaan dalam menjalankan bisnis, di mana tak hanya berorientasi pada keuntungan semata, namun dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“SIG melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan, terus berupaya meningkatkan kualitas masyarakat. Semoga melalui kegiatan Ramadhan Berbagi, kami dapat memberi manfaat untuk masyarakat, terutama dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri," ujar Edy, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (30/4/2022).

Kegiatan 'Ramadhan Berbagi' yang dilaksanakan oleh SIG dan Group di antaranya, menyerahkan bantuan 1.800 paket sembako gratis untuk guru Taman Pendidikan Al Quran, tunanetra, serta warga yang berada di sembilan kelurahan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sementara SIG Pabrik Tuban, menyerahkan bantuan sebanyak 10.500 paket sembako untuk keluarga prasejahtera di Kecamatan Jenu, Merakurak serta memberikan 1.400 paket peralatan sekolah kepada anak yatim di sekitar Pabrik Tuban.

Di wilayah DKI Jakarta, SIG menyerahkan bantuan 2.100 paket sembako gratis kepada pondok pesantren, pengurus masjid, majelis taklim, yayasan dan guru.

Baca juga: Begini Tampilan Unik 5 Masjid di Rest Area Tol, Ada yang Berbentuk Trapesium Loh!

Sedangkan di Sumatera Barat, melalui PT Semen Padang, digelar program 'Tok Tok Tok Buka Puasa Bersama' di daerah Kuranji, Lubuk Begalung dan Kampung Nelayan Transito, Ulak Karang Selatan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Untuk Sulawesi Selatan, PT Semen Tonasa, menggelar program 'Bahagia Bersama Semen Tonasa' dengan warga sekitar perusahaan, anak yatim piatu dan santri, serta mengadakan Pasar Ramadhan dan buka puasa bersama 100 anak panti asuhan.

Sementara PT Semen Gresik di Kabupaten Rembang, membagikan 500 paket bingkisan berkah yatim piatu dan dhuafa di sekitar perusahaan, bantuan 400 paket bingkisan berkah Semen Gresik untuk ulama dan umara, juga menggelar buka bersama tokoh agama dan masyarakat serta berbagi takjil dan peringatan Nuzulul Quran di enam masjid sekitar perusahaan.

Kemudian PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban, Jawa Timur, turut membagikan 3.300 paket sembako di 17 titik.

Mulai dari Desa Merkawang, Karangasem, Sawir, Glondonggede, Mliwang, Kedungrejo, Socorejo, Gadon, Tambakboyo, Pabeyan, Kenanti, Sobontoro, Dasin, Klutuk, Gaji dan Wolutengah.

Sedangkan di Jawa Barat, SBI Pabrik Narogong, membagikan paket sembako dan karpet masjid untuk sembilan desa yang berada di sekitar area operasional Pabrik Narogong, serta memberi santunan kepada anak yatim dan penyandang disabilitas sebanyak 200 orang.

Adapun SBI Pabrik Cilacap, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan 3,5 ton beras yang dibagikan melalui 11 masjid dan 22 musala, serta 200 paket santunan untuk yatim piatu dan jompo di desa Karangtalu.

PT Solusi Bangun Andalas (SBA) di Aceh, memberikan santunan kepada 236 anak yatim dari 34 desa di Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung.

Selain memberikan santunan anak yatim, SBA juga memberikan bantuan 100 paket bingkisan lebaran, 84 paket kain sarung kepada keuchik, imam masjid gampong, imuem mukim, imam Masjid Kemukiman dan komite pelaksana program pemberdayaan CSR SBA.

PT BSA juga memberikan paket perlengkapan masjid di setiap kemukiman di Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com