Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ragu Mudik via Pansela Jawa? Ini Ada Posko Informasi dan Fasilitas Istirahat

Kompas.com - 25/04/2022, 10:12 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk membantu pemudik yang melintasi Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa, Kementerian PUPR telah menyiapkan Posko Mudik Sapta Taruna.

Termasuk di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan jumlah yang telah disiapkan ada empat posko.

Nantinya akan menyediakan informasi tentang Pansela Jawa, dan fasilitas untuk istirahat, seperti toilet dan mushala.

JJJBaca juga: Jalan Mulus hingga Panorama Alam Jadi Kelebihan Jalur Mudik via Pansela

Masing-masing sebanyak dua posko di wilayah Jateng tepatnya di Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo, dan di Ruas Giriwoyo-Glonggong (KM.77+550).

Sementara di DIY terdapat di Ruas Tepus-Jerukwudel Kabupaten Gunung Kidul dan Ruas Samas-Girijati Kabupaten Bantul.

"Posko ini juga untuk antisipasi jika ada kejadian bencana yang siap koordinasi dengan Posko Kepolisian, dan Kementerian Perhubungan juga," ujar Kepala BBPJN Jateng-DIY Wida Nurfaida dalam keterangan pers dikutip Senin (25/04/2022).

Sementara untuk keamanan pengendara, Wida menyatakan sudah mengecek kesiapan Penerangan Jalan Umum (PJU) dari Jladri ke arah Yogyakarta.

"Ada spot tertentu yang tidak ada PJU, kita pasang patok lalu lintas atau delineator pengaman, guardrail/pagar pengaman jalan, dan stiker pantul (reflektor)," tandasnya.J

Terkait masalah pasokan BBM di Pansela, BBPJN Jateng-DIY Kementerian PUPR juga sudah mengecek ketersedian SPBU di Pansela.

"Ada 4 SPBU yang besar dan beberapa SPBU mini. Tempat istirahat juga sudah kita survei banyak juga sekarang tempat kuliner dan wisata pantai dibuka," katanya.

Jalan Pansela JawaDok. Kementerian PUPR Jalan Pansela Jawa
Jalan Pansela Jawa di wilayah Jateng dan DIY sudah terbangun sepanjang 257,94 kilometer, progres terhitung sampai September 2021.

Rinciannya 165,13 kilometer di Jateng dan 92,81 kilometer di DIY. Masih tersisa yang belum tembus untuk di Jateng 47,4 kilometer dan di DIY 27,57 kilometer.

Baca juga: Pemudik, Jalur Pansela Cocok Jadi Alternatif Tujuan Jateng dan JatimJ

"Jadi secara progres gabungan 80 persen sudah terbangun dan sementara sisanya ada yang sedang dalam masa konstruksi," imbuh Wida.

Meski masih ada sisa pekerjaan, dia memastikan tidak akan menjadi kendala bagi pemudik. Jadi Pansela Jawa tetap siap untuk dilintasi.

"Kalau ada (yang belum tersambung), kegiatannya sifatnya tidak buntu. Kami akan alihkan dan sambungkan dengan jalan nasional dan kabupaten," jelasnya.

Dia menjelaskan dari perbatasan Jawa Barat, Jalan Pansela Jawa bisa diakses dari Patimuan Cilacap.

"Cilacap sampai Kebumen pakai jalan nasional juga, lalu dari Kebumen masuk ke Jalan Kabupaten ke Tambakmulyo-Jladri ke arah Yogyakarta sudah tersambung semua," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com