Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran 2022, Okupansi Hotel Jakarta Diprediksi Meningkat

Kompas.com - 25/04/2022, 09:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada kuartal II (Q2) tahun 2022, okupansi (tingkat hunian) hotel di Jakarta diprediksi akan mengalami peningkatan.

Peningkatan ini tidak lain karena di awal Q2 akan ada perayaan Lebaran 2022, yang juga bertepatan dengan liburan sekolah.

Kenaikan ini dikarenakan kian permintaan untuk staycation terutama bagi tamu yang melakukan perjalanan domestik.

Baca juga: Simak Aturan Terbaru Menginap di Hotel Jawa dan Bali Hingga 9 Mei 2022

Hal tersebut disampaikan Associate Director Research & Consultancy Department PT. Leads Property Services Indonesia, Martin Samuel Hutapea dalam rilisnya kepada Kompas.com.

Menurut Martin, dengan dicabutnya persyaratan karantina untuk perjalanan internasional dan membaiknya pandemi Covid19, pasar hotel di Jakarta perlu berbenah.

“Sektor perhotelan di Jakarta harus berusaha menarik minat para tamu baik individu mapun kelompok, agar kondisi pasar bisa sama sebelum pandemi,” ujar Martin.

Dikatakan, pasar perhotelan Jakarta mencatat satu pasokan hotel baru selama kuartal pertama 2022, yaitu Hotel Dafam Enkadeli Thamrin, yang merupakan sebuah hotel bintang 3.

Dengan total 50 kamar, pasokan baru tersebut membawa pasokan kumulatif kamar hotel di Jakarta menjadi total 54.786 kamar.

Namun, beberapa hotel lain yang awalnya dijadwalkan akan buka pada Q1 telah dimundurkan dengan target pembukaan pada pertengahan tahun.

Baca juga: Hotel Bintang 3 Masih Mendominasi Pasar Hotel Bali

Pengunduran ini dikarenakan progress operasional pembukaan hotel sempat terdampak dengan gelombang Omicron baru-baru ini.

“Pembukaan pada saat kuartal kedua yang bertepatan dengan libur Lebaran dan sekolah, diharapkan bisa menambah daya tarik dan membantu meningkatkan permintaan pada masa pembukaan hotel,” tandas Martin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com