Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik, Jalur Pansela Cocok Jadi Alternatif Tujuan Jateng dan Jatim

Kompas.com - 20/04/2022, 11:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono mengatakan Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) menjadi salah satu jalan yang akan digunakan untuk mudik lebaran 2022.

Menurutnya, Jalur Pansela ini dapat menjadi rute alternatif bagi para pemudik tujuan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

"Jalur Pansela ini dapat menjadi jalur alternatid bagi para pemudik. Saya harap paling tidak kalau bisa 20 persen para pemudik bisa beralih ke Pansela, maka beban di jalur tengah dan jalur pantura bisa sedikit lebih baik," kata Djoko dalam keterangannya, Rabu (20/04/2022).

Dalam tinjauannya, Selasa (19/04/2022), Djoko menyebut kondisi jaringan infrastruktur Jalur Pansela dari Jakarta hingga Banjar partoman saat ini terpantau baik.

Baca juga: Seperti Ini Keindahan Alam Pansela Jawa, Jalur Mudik Lebaran Sambil Liburan

Namun Djoko terdapat titik pasar tumpah yang harus diwaspadi karena berpotensi menimbulkan kemacetan, yaitu Pasar Limbangan dan Pasar Malangbong di Kabupaten Garut.

"Kami melihat jaringan jalan sudah bagus. Hanya tadi kami menemukan terdapat beberapa titik pasar tumpah yang berpotensi menjadi penyebab kemacetan, karena itu, kami akan susun langkah-langkah untuk minimalkan dampak tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Djoko mengimbau para pemudik kendaraan pribadi yang melalui pansela dapat menggunakan jalur alternatif menuju Sumedang via Wado.

Dia juga mencatat terdapat empat rute alternatif lain yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik sebagai berikut:

1. Rute Cileunyi–Solokan Jeruk–Alun Alun Majalaya–Simpang 3 Cijapati–Rancasalak–Kadungora–Lingkar Leles–Cibatu–Pasar Bandrek–Malangbong-Tasikmalaya.

2. Rute Cileunyi-Jatinangor (Via Tol Exit Ppamulihan)-Parakan Muncang-Cicalengka-Simpang 3 Cijapati.

3. Rute Cileunyi–Pamulihan-Leuwigoong–Sumedang.

4. Rute Cileunyi–Pamulihan–Wado- Tasikmalaya.

"Namun, kami ingatkan bahwa rute alternatif ini disarankan hanya untuk kendaraan pribadi, bukan kendaraan besar seperti bus dan truk," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com