Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2022, 05:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 78 pendaftar sayembara konsep perancangan kawasan dan bangunan gedung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara lolos verifikasi administrasi.

Untuk diketahui, sayembara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu telah resmi ditutup sejak 8 April 2022.

Hingga waktu penutupan, terdapat 246 akun pendaftar dan sebanyak 89 pendaftar telah menyelesaikan pendaftaran sesuai persyaratan yang diminta. 

Namun, dari jumlah tersebut, hanya ada 78 pendaftar sayembara yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

Setelah tahap verifikasi administrasi, Kementerian PUPR menggelar penjelasan (aanwijzing) teknis dan administratif yang dilaksanakan secara daring, Selasa (19/4/2022).

Selanjutnya akan dilaksanakan aanwijzing lapangan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada 21-22 April 2022.

Direktur Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, terdapat empat tahap evaluasi dan penilaian hasil sayembara.

Tahap pertama yakni verifikasi administrasi calon peserta dan badan Usaha konsultansi konstruksi yang sudah dilaksanakan pada 9 April 2022-18 April 2022. Lalu, tahap kedua berupa evaluasi dokumen karya peserta.

Baca juga: Ini Hari Terakhir Pendaftaran Sayembara Desain Bangunan IKN Berhadiah Rp 3,4 Miliar

Kemudian, tahap ketiga dan keempat masing-masing terkait penjurian ke-1 untuk pemilihan tiga peserta terbaik serta presentasi nominator dan penjurian ke-2 untuk menentukan pemenang.

"Bila nanti Bapak Menteri berkenan, para peserta akan presentasi di depan Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) atau bisa seperti sayembara sebelumnya presentasi di hadapan Bapak Presiden (Joko Widodo),” ujar Diana dalam siaran pers, Selasa (19/4/2022).

Diana menambahkan, dewan juri sayembara ini terdiri dari pihak profesional, perwakilan Kementerian PUPR, dan anggota Dewan Arsitek Indonesia (DAI).

Kemudian, anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), akademisi, pakar bangunan gedung hijau (BGH), perwakilan instansi terkait, dan tokoh masyarakat.

“Tim juri terdiri dari berbagai unsur agar penjuriannya fair (adil) dari segala sisi,” tambah Diana.

Adapun sayembara desain ini terdiri dari empat kompetisi yakni Kompleks Istana Wakil Presiden (Wapres), Perkantoran Legislatif, Perkantoran Yudikatif, serta Bangunan Peribadatan.

Hasil karya terbaik akan diumumkan pada tanggal 24 Juni 2022 dengan total hadiah Rp 3,4 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com