Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Ini Keindahan Alam Pansela Jawa, Jalur Mudik Lebaran Sambil Liburan

Kompas.com - 19/04/2022, 11:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa adalah salah satu jalur alternatif mudik non-tol.

Terkait hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyar (PUPR) terus melakukan sejumlah persiapan untuk menunjang kenyamanan pengguna jalan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, hingga kini, jalan nasional non-tol di Pulau Jawa telah membentang sepanjang 4.973,6 kilometer.

"Terdiri dari Jalan Lintas Utara, Tengah, Selatan, dan Pansela Jawa, dengan kondisi mantap 94,2 persen," ujar Basuki dikutip dari siaran Youtube Komisi V DPR RI.

Sedangkan khusus untuk Panoramic Road Pansela Jawa atau Jalan Pansela memiliki total panjang 1.546,7 kilometer dengan kondisi kemantapan jalan 92,57 persen.

Baca juga: Basuki Ajak Masyarakat Mudik Lebaran 2022 via Pansela Jawa, Instagramable dan Memorable

Terdiri dari, Provinsi Banten sepanjang 169,45 kilometer, Jawa Barat 417,42 kilometer, Jawa Tengah 211,95 kilometer, DI Yogyakarta 120,38 kilometer, dan Jawa Timur 627,58 kilometer.

Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.
Dari total panjang tersebut, untuk saat ini jalan nasional tersebut sudah terhubung sepanjang 1.242,7 kilometer, yakni dari wilayah Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari, sampai ke Pacitan di Provinsi Jawa Timur. 

Sementara di DI Yogyakarta dan Jawa Timur belum terhubung sepenuhnya dan masih tersisa sepanjang 304,01 kilometer jalan yang tengah dirampungkan.

Untuk rinciannya, di Provinsi DI Yogyakarta tembus 93,3 kilometer dan masih kurang 27,12 kilometer. Sementara di Jawa Timur sudah terhubung 350,7 kilometer dan masih kurang 276 kilometer.

Keindahan alam di sepanjang Jalan Pansela

Dengan progres pembangunan Jalan Pansela yang kian membaik, Menteri Basuki mengajak masyarakat untuk menggunakan jalur alternatif ini.

Baca juga: Mudik Lebaran, Anda Bisa Lewat Deretan Lima Tol Terpanjang di Indonesia

Pasalnya, selain mampu menghindari kemacetan, Pansela juga menghadirkan pemandangan alam yang indah di sepanjang jalurnya.

Jalan Pansela JawaKementerian PUPR Jalan Pansela Jawa
Dimulai dari Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Kabupaten Sukabumi yang menghadirkan Pantai Amanda Ratu, si Tanah Lot-nya Sukabumi.

Pantai Amanda Ratu terkenal dengan air lautnya yang berwarna biru kehijauan. Terdapat pulau kecil penambah keindahan panorama yang terletak tak jauh dari bibir pantai.

Tarif masuk pantai juga sangat terjangkau, yakni Rp 5.000 untuk pengendara motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Bergeser ke tengah Pulau Jawa, tepatnya di ruas Planjan-Baron-Tepus dan ruas Tepus-Jerukwudel, pengemudi bisa singgah di kawasan wisata edukasi hingga pantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com