Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Mulus hingga Panorama Alam Jadi Kelebihan Jalur Mudik via Pansela

Kompas.com - 24/04/2022, 12:04 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang ingin mudik dari Jakarta ke Jawa Tengah disarankan untuk melalui jalur alternatif Pantai selatan Jawa atau Pansela.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan dengan dimanfaatkannya jalur Pansela untuk mudik lebaran tentu dapat mengurangi beban jalan tol dan jalur Pantura.

"Bagi para pemudik yang ingin ke Jawa Tengah, kami imbau untuk dapat memanfaatkan jalur alternatif melalui jalur lintas Selatan Jawa," kata Budi dalam keterangannya, Minggu (24/04/2022).

Keindahan alam

Budi menjelaskan salah satu kelebihan Pansela yaitu sepanjang jalurnya yang memiliki panorama dan keindahan alam seperti bukit, pantai, sawah dan gunung.

Baca juga: 20 Persen Pengendara Diproyeksikan Lewat Jalur Pansela saat Mudik

Selain itu, terdapat sejumlah tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh para pemudik.

Dengan begitu, memungkinkan pemudik untuk bisa mudik sambil berekreasi di perjalanan.

“Saya minta pemda menyiapkan berbagai kebutuhan seperti tempat rekreasi, tempat kuliner, tempat istirahat, karena para pemudik tidak hanya lewat tetapi juga ingin rekreasi,” ujarnya

Tempat wisata

Tempat wisata pertama dimulai dari Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Kabupaten Sukabumi yang menghadirkan Pantai Amanda Ratu, si Tanah Lot-nya Sukabumi.

Pantai Amanda Ratu terkenal dengan air lautnya yang berwarna biru kehijauan. Terdapat pulau kecil penambah keindahan panorama yang terletak tak jauh dari bibir pantai.

Tarif masuk pantai juga sangat terjangkau, yakni Rp 5.000 untuk pengendara motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Bergeser ke tengah Pulau Jawa, tepatnya di ruas Planjan-Baron-Tepus dan ruas Tepus-Jerukwudel, pengemudi bisa singgah di kawasan wisata edukasi hingga pantai.

Pertama adalah Kawasan Wisata Edukasi Baron Technopark yang terletak di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Kawasan wisata edukasi ini memiliki ikon berupa jam matahari yang terletak di pesisir laut, Anda bisa mampir sembari beristirahat dan menunggu waktu berbuka puasa sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com