Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, KAI Daop 1 Jakarta Siagakan Alat Material di 29 Lokasi

Kompas.com - 23/04/2022, 19:31 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menjamin keselamatan dan kelancaran operasional kereta api (KA) selama masa angkutan lebaran, mulai dari 22 April hingga 13 Mei 2022, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di 29 titik lokasi.

Material tersebut ditempatkan di lokasi rawan apabila terjadi hambatan akibat cuaca ekstrim seperti banjir, amblesan dan tanah longsor.

AMUS yang disiapkan berupa batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel, dan alat siaga lainnya.

Baca juga: KAI Gelar Program Angkutan Sepeda Motor Gratis, Cek Rute, dan Cara Daftarnya

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan AMUS telah tersedia di 29 lokasi Unit Pelaksana Teknis Jalan Rel dan Jembatan di wilayah Daop 1.

“AMUS ini akan ditempatkan di Rangkas Bitung, Tanah Abang, Tanjung Priok, Pasar Senen, Manggarai, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” ujarnya.

Dikatakan, beberapa material yang telah disiapkan antara lain batu balast 600 meter kubik, kawat bronjong, bantalan kayu, peralatan kerja serta material lainnya yang telah disiapkan di atas gerbong datar untuk penanganan darurat sewaktu-waktu.

Menurut Eva, di Daop 1 Jakarta terdapat 12 lokasi daerah rawan diantaranya rawan banjir dan longsor, amblesan namun untuk jalur lintas KA Jarak Jauh hanya terdapat 1 daerah rawan banjir yakni di sekitar wilayah Lemah Abang.

"Untuk daerah rawan Daop 1 Jakarta juga telah menyiapkan tim khusus seperti petugas flying gang. Petugas ekstra juga ditempatkan pada sejumlah wilayah untuk melakukan percepatan penanganan jika terjadi kondisi tertentu," tambahnya.

Secara total terdapat sekitar 1.190 petugas prasarana jalur rel dan jembatan serta 179 petugas dibagian sinyal dan telekomunikasi yang disiapkan untuk mengawal angkutan lebaran.

Baca juga: KAI Tambah 92 Perjalanan Kereta untuk Angkutan Lebaran, Cek Tiketnya

Sementara itu, untuk kesiapan prasarana, PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan perawatan dan pemeriksaan secara rutin.

Seperti memastikan kondisi track atau jalur benar-benar dalam kondisi baik, seperti lebar jalur, kondisi bantalan, penambat rel, jembatan, wesel, batu balast, normalisasi saluran air, dan perlintasan sebidang.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com