Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Semarang Tambah Ribuan Kursi Tujuan Jakarta dan Surabaya

Kompas.com - 13/04/2022, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang, Jawa Tengah akan menambah ribuan kursi penumpang tujuan Jakarta dan Surabaya pada mudik Lebaran 2022.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro menjelaskan bahwa akan ada 16 kereta api tambahan untuk melayani penumpang.

"Total akan ada tambahan 208.952 ribu tempat duduk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan," jelasnya, dilansir dari Antara, Rabu (13/4/2022).

Adapun kereta tambahan tersebut akan beroperasi mulai tanggal 22 April sampai dengan 13 Mei 2022.

Melalui penambahan tersebut, total kereta api yang akan dioperasikan selama masa angkutan Lebaran adalah sebanyak 94.

Baca juga: 7,6 Juta Orang Mudik dengan Kereta, Cek Aturan Terbarunya

Sedangkan untuk saat ini, sejumlah 270.842 tiket kereta Lebaran diketahui sudah habis terjual.

Krisbiyanto menyebutkan, tanggal 28, 29 dan 30 April serta 6,7 dan 8 Mei adalah tanggal favorit keberangkatan kereta pada mudik tahun ini.

Pihaknya juga akan memastikan tiket untuk angkutan Lebaran tetap tersedia, meskipun minat calon penumpang untuk melakukan perjalanan pada waktu tersebut meningkat.

Adapun daftar kereta tambaha yang dimaksud, antara lain:

  1. KA Argo Sindoro Tambahan,
  2. KA Argo Muria Tambahan,
  3. KA Sembrani Tambahan,
  4. KA Tawang Jaya Premium,
  5. KA Ambarawa Ekspress 2,
  6. KA Menoreh,
  7. KA Tegal Bahari, dan
  8. KA Kamandaka.

Sementara itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah penumpang kereta api akan mencapai 7,6 juta orang pada mudik Lebaran 2022.

Baca juga: Gratis, Motor Naik Kereta Api Saat Mudik Lebaran 2022

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri menjelasakan bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga telah menetapkan masa angkutan Lebaran, mulai H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau sekitar 22 April-13 Mei 2022.

“Kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman PT KAI untuk menyiapkan armadanya dan sudah hampir 8 juta kira-kira kita siapkan untuk ini,” jelas Zulkifri.

Sementara itu, guna mendukung kelancaran mudik dan keselamatan bersama, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub juga telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Menteri Pehubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Covid-19 yang berlaku mulai 5 April 2022.

"Aturan perjalanan ini merupakan penyesuaian terhadap aturan perjalanan sebelumnya serta menyesuaikan dengan Surat Edaran Satgas Nomor 16 Tahun 2022 yang telah diterbitkan untuk mengantisipasi pergerakan penumpang selama masa mudik Idul Fitri 1443 H," kata Zulfikri, Selasa (05/04/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com