Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekasi Padat, Ekspansi Kawasan Industri Berlanjut ke Arah Timur

Kompas.com - 06/01/2022, 18:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Realisasi sektor industri dan pasar logistik Indonesia pada Kuartal IV-2021 tercatat memenuhi proyeksi yang dilakukan pada awal tahun.

Bahkan dikabarkan, pencapaian tersebut akan bertambah jika satu kawasan industri lainnya turut memberikan konfirmasi terkait laporan kuartalan mereka.

Berdasarkan hasil riset Colliers International Indonesia, perusahaan yang melakukan transaksi sewa lahan industri paling tinggi saat ini adalah Krakatau Industrial Estate Cilegon, yaitu mencapai 40 hektar lahan.

“Ini menjadi menarik karena perusahaan ini adalah perusahaan berbasis kimia dari Korea. Mereka tidak punya tanah, mereka mau bangun pabrik tetapi perlu lahan untuk fabrikasi dari pabrik yang akan mereka bangun,” ujar Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto dalam virual media briefing Q4 2021, Rabu (6/1/2022).

Baca juga: KALEIDOSKOP 2021: Merajut Pertumbuhan Ekonomi Melalui KEK Lido hingga Kawasan Industri Hijau

Lebih lanjut, Ferry mengatakan, keinginan tersebut tidak bisa dilakukan di lahan mereka yang telah eksis karena sudah ada industri yang beroperasi.

“Maka, mereka menyewa sementara sampai tiga tahun,” tambah Ferry.

Namun mengingat terbatasnya lahan industri terutama di kawasan Bekasi, proses transaksi jual beli lahan industri sudah tidak bisa terlalu besar.

Sementara jika bergeser ke arah Karawang, masih terlihat adanya kesempatan untuk membeli lahan yang cukup besar.

“Ini sebenarnya yang membuat ekspansi kawasan industri lebih ke arah timur lagi,” Ferry kembali memaparkan.

Sedangkan terkait harga lahan, terdapat penyesuaian terutama di kawasan industri yang kinerja penjualannya membaik dan yang tersedia sedikit, seperti Bekasi dan Bogor.

Karenanya, kedua wilayah tersebut memiliki kepercayaan diri untuk memberikan penawaran harga yang lebih baik dibandingkan dengan wilayah lain.

Tidak hanya itu, beberapa kawasan juga mengantisipasi kenaikan harga hingga 10 persen di tahun 2022, meskipun tidak mencerminkan keseluruhan sektor industri.

Sehingga untuk saat ini kemungkinannya adalah sebagian besar kawasan lain, seperti Tangerang, Serang dan Karawang akan tetap mempertahankan harga yang sama seperti sekarang pada setahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com