Kompas.com - 06/01/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain final Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sang desainer, Nyoman Nuarta mengatakan, basic design Istana Negara ini telah menjadi desain terakhir yang siap diwujudkan.

“Artinya desain yang saya presentasikan di hadapan Bapak Presiden, sudah tidak bisa lagi diubah, sudah final sebagai desain istana kepresidenan,” kata Nyoman dalam keterangannya, Rabu (05/01/2022).

Baca juga: Disetujui Jokowi, Desain Istana Negara IKN Karya Nyoman Nuarta Banjir Pujian

Nyoman menjelaskan, proses disetujuinya desain Istana Negara atau Istana Garuda diawali pada 3 Januari 2022.

Dia diundang ke Istana Merdeka Jakarta Pusat untuk mempresentasikan basic design kepada Presiden Jokowi.

Acara itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara yaitu Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

"Terima kasih atas segala dukungannya untuk dapat menciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek konial," lanjut dia.

Selain membuat design basic Istana Negara, Nyoman juga diminta Jokowi untuk turut serta merancang masterplan kawasan IKN yang mengintegrasikan Istana Presiden, Kebun Raya, dan Kebun Bunga.

Selain itu, Presiden juga meminta Nyoman untuk tetap bersedia membantu pemerintah dalam mewujudkan istana kepresidenan di IKN baru.

“Arahan itu juga meminta agar saya turut menyelaraskan desain gedung-gedung di seluruh kawasan IKN. Semua itu sedang dikoordinasikan,” ujarnya.

Dia mengaku telah mengetahui konsep gedung-gedung perkantoran yang akan dibangun di IKN yang dirancang oleh para arsitek Indonesia.

"Saat pertemuan dengan Presiden, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti juga telah mempresentasikan gedung-gedung perkantoran yang akan dibangun di kawasan IKN, yang dirancang oleh para arsitek," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.