Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KALEIDOSKOP 2021: Merajut Pertumbuhan Ekonomi Melalui KEK Lido hingga Kawasan Industri Hijau

Kompas.com - 31/12/2021, 20:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dalam beberapa tahun terakhir gencar merajut asa pertumbuhan ekonomi, melalui pengembangan Kawasan Industri atau pun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Sejumlah kawasan terpadu itu mulai dibangun di beberapa daerah Indonesia.

Kawasan yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategi wilayah, diberikan fasilitas dan insentif khusus sebagai daya tarik investasi.

Baca juga: KEK Lido Diprediksi Ciptakan Kutub Pertumbuhan Baru Koridor Selatan

Untuk kemudian kawasan khusus tersebut difungsikan menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan dengan nilai ekonomi tinggi lainnya.

Dengan begitu, bila kawasan tersebut telah beroperasi dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan negara.

Lantas, apa saja kawasan khusus yang mulai dirajut Pemerintah tahun 2021? Berikut daftarnya.

KEK Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Lido Lake Resort, salah satu proyek dari KEK Lido di Kabupaten BogorPT MNC Land Lido Lido Lake Resort, salah satu proyek dari KEK Lido di Kabupaten Bogor
Pada 8 September 2021 lalu Pemerintah telah melakukan peresmian groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan KEK Lido.

Melansir dari situs resmi Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus RI, KEK Lido merupakan KEK dengan jenis usaha pariwisata yang dikelola PT MNC Land Lido.

KEK Pariwisata dengan luas area 1.040 hektar ini ditargetkan meraup nilai investasi Rp 32 triliun dalam 20 tahun mendatang dan bakal menyereap 29.545 tenaga kerja.

Di KEK rencananya akan dibangun menjadi lokasi wisata dengan berbagai daya tarik, mulai dari theme park kelas dunia, golf course, studio film, music & arts center, hingga retail and dining.

Khusus theme park, diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) rata-rata mencapai 3,17 juta wisatawan per tahun.

Inflow devisa dari wisman serta penghematan outflow devisa dari wisnus dapat mencapai 4,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 58,4 triliun selama 20 tahun.

KEK Gresik di Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Gresik, Provinsi Jawa Timur, www.akr.co.id Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Gresik, Provinsi Jawa Timur,
Pemerintah menetapkan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) sebagai KEK Gresik dengan luas lahan 2.167 hektar pada 28 Juni 2021 lalu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com