Meski FLPP Resmi Dikelola BP Tapera, PPDPP Masih Punya Satu PR 

Kompas.com - 24/12/2021, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses peralihan pogram Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) ke Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) untuk 2022 telah diresmikan. 

Usai berlangsungnya Penandatanganan Tripartit antara Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), BP Tapera, dan 48 Bank Pelaksana Penyalur pada Jumat (24/12/2021). 

Namun, PPDPP masih memiliki satu pekerjaan rumah (PR) untuk menyempurnakan proses peralihan ini. Mengingat ada beberapa tahapan dalam prosesnya. 

Baca juga: BP Tapera Resmi Menjadi Penyalur Dana FLPP, 2022 Dipastikan Aman

Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin menyampaikan, pihaknya telah melalui beberapa proses dalam rangka peralihan FLPP dari PPDPP ke BP Tapera. 

Pertama, melakukan review BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) atas seluruh dana FLPP sejak 2010 hingga 2021. 

"Hasil reviewnya sudah selesai dan sudah kami laporkan," ujar Arief dikutip dari siaran Youtube PPDPP. 

Kemudian, melakukan transfer dana tersebut ke BP Tapera. Hal ini pun telah dilakukan setelah pada 22 Desember 2021 BP Tapera resmi menjadi Operator Investasi Pemerintah (OIP) penyaluran FLPP. 

"Sejak itu, pada hari itu juga kami melakukan transfer ke BP Tapera. Sehingga seluruh dana sudah dialihkan ke BP TaPera untuk tahap pertama," imbuhnya. 

Dari hasil transfer tersebut, PPDPP juga berkewajban melakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) serta mengalihkan hak dan kewajiban PPDPP bersama dengan perbankan ke BP Tapera. 

Penandatanganan BAST dilakukan hari ini sekaligus penandatanganan peralihan hak dan kewajiban bersama 48 bank pelaksana.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.