BP Tapera Resmi Menjadi Penyalur Dana FLPP, 2022 Dipastikan Aman

Kompas.com - 24/12/2021, 15:00 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.com - Program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) resmi beralih ke Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Sebelumnya, selama 11 tahun program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) FLPP dijalankan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).

Peralihan ini ditandai dengan proses Penandatanganan Tripartit antara PPDPP, BP Tapera, dan 48 Bank Pelaksana Penyalur pada Jumat (24/12/2021).

"Acara ini sebagai wujud atau penanda layanan FLPP resmi beralih ke BP Tapera," ujar Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin dikutip dari siaran Youtube PPDPP.

Baca juga: Kian Dekat, Begini Progres Peralihan Dana FLPP dari PPDPP ke BP Tapera

PPDPP telah melakukan beberapa tahapan peralihan seseuai ketentuan. Sehingga dia memastikan pada 2022 penyaluran FLPP oleh BP Tapera tidak terganggu.

"Jadi dukungan FLPP nanti akan dijalankan oleh orang dan infrastruktur yang sama, barang kali hanya yang berbeda driver nya saja," tutur Arief.

Penyaluran dana FLPP tahun 2021 ditutup tertinggi sepanjang sejarah dari tahun 2010. Yakni sebesar 178.728 unit senilai Rp 19,57 triliun atau 113,48 persen dari target yang ditetapkan oleh pemerintah sebanyak 157.500 unit.

Sehingga total penyaluran dana FLPP dari tahun 2010-2021 mencapai 943.583 unit senilai Rp 75,176 triliun. Terdiri dari Rp 60,255 triliun dana DIPA dan sisanya dana perguliran FLPP.

Dengan kondisi terakhir itu, Arief berharap yang telah dilakukan dan dibuat oleh PPDPP dapat dilanjutkan dan dikembangkan oleh BP Tapera ke depannya.

"Kami menyadari capaian kerja kami belum mencapa titik sempurna, sehingga tonggak estafet ini harus berlanjut dan membutuhkan peran serta dari seluruh pihak," cetus dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.