Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Bergabung dengan Transjakarta, Koantas Bima Punya Fasilitas Lengkap

Kompas.com - 02/12/2021, 19:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) secara resmi menjalin kerja sama dengan Koperasi Angkutan Lintas Bis Madya (Koantas Bima).

Angkutan bersejarah bagi transportasi publik berbasis bus dengan ciri khas warna hijau dan kuning tersebut, resmi bergabung dengan Transjakarta ke dalam sistem Bus Rapid Transit (BRT) dengan wajah baru yang lebih baik.

Peluncuran prototipe armada bus dengan tiga warna baru yakni orange, putih serta perpaduan kuning dan biru yang menjadi ciri khas Koantas Bima tersebut diselenggarakan di Stasiun Integrasi Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

Alhamdulillah, hari ini kita semua bisa menghadirkan armada baru dari Koantas Bima yang kita ketahui bersama merupakan sejarah dan ikon transportasi publik berbasis bus di ibu kota," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Angelina Betris dalam keterangannya, Kamis (2/12/2021). 

Baca juga: Transjakarta Reaktivasi Rute Rasuna Epicentrum-Kasablanka

Betris menjelaskan, keberhasilan kerja sama ini seiring dengan cita-cita Pemprov DKI untuk menghadirkan layanan transportasi yang terintegrasi.

Koantas Bima sendiri menjadi operator bus sedang ke-2 setelah Kopaja yang melayani masyarakat.

Semua moda transportasi publik yang beroperasi di DKI Jakarta nantinya akan diintegrasikan di bawah payung Jak Lingko.

"Program ini merupakan gagasan besar dari Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Bapak Gubernur Anies Baswedan yang membawa sistem transportasi kita hingga ke titik ini,” tutur Betris. 

Bus Koantas Bima yang bergabung dengan Transjakarta akan diberi atribut Minitrans yang merupakan nama untuk semua bus sedang yang beroperasi di lingkup Transjakarta.

Meski tidak menghilangkan warna khas, bus ini nantinya akan menyesuaikan dengan standar layanan Transjakarta.

Hal ini seiring dengan program Jakarta Langit Biru yang dicanangkan Pemprov DKI, perlahan semua bus Transjakarta akan beralih ke armada listrik.

“Untuk rute dan jumlah bus yang akan dioperasikan lanjut Betris direncanakan akan melayani rute yang memang sudah dilayani sebelumnya," imbuhnya. 

Betris menambahkan, pada dasarnya Transjakarta siap menyambut kehadiran Koantas Bima sebagai bagian layanan terintegrasi sistem BRT Transjakarta.

Bus Koantas Bima terbaru akan dilengkapi dengan handgrip, kursi prioritas, CCTV, papan peta petunjuk layanan Transjakarta, hand sanitizer dan alat Tap On Bus (TOB).

Bus ini memiliki kapasitas 17 untuk pelanggan duduk dan 13 untuk pelanggan berdiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com