Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tampilan Jembatan Gantung Pejalan Kaki Terpanjang di Dunia!

Kompas.com - 02/12/2021, 17:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan gantung merupakan salah satu tipe jembatan yang sering dijumpai. Bahkan di beberapa negara, jembatan gantung menjadi ikon kota yang terkenal.

Sebut saja Golden Gate Bridge di San Francisco yang menghubungkan ujung utara Semenanjung San Francisco dengan Marin County.

Jembatan ini telah menjadi salah satut tempat paling ikonik di Amerika Serikat.

Bila Golden Gate Bridge diperuntukan bagi lalu lintas mobil, ada juga jembatan-jembatan gantung yang hanya dikhususkan untuk pejalan kaki saja.

Adalah jembatan 516 Arouca di Portugal utara, disebut-sebut sebagai jembatan gantung khusus pejalan kaki terpanjang di dunia, membentang 516 meter.

Baca juga: Indonesia Punya 12 Jembatan Cable Stayed Ikonik

Jembatan ini berlokasi di Arouca Geopark dan dibangun pada ketinggian 175 meter di atas sungai Paiva. 516 Arouca menghubungkan dua bukit yang memiliki permukaan tebing granit.

516 Arouca dibangun oleh Institut Penelitian dan Pengembangan Teknologi untuk Konstruksi, Energi, Lingkungan dan Keberlanjutan Portugal.

Konstruksi ini didirikan untuk meningkatkan daya tarik wisata daerah Arouca, di mana dari jembatan ini para pengunjung akan melihat pemandangan ke Ngarai Pavia dan Air Terjun Aguieira.

Seperti dikutip dari Dezeen, Wali Kota Arouca Margarida Belem yakin jembatan 516 Arouca akan menjadi salah satu arsitektur unik di Portugal.

"Ini sebuah karya teknik yang luar biasa dan pasti akan menjadi salah satu struktur paling ikonik di Arouca dan di negara ini," kata Margarida

Dengan panjang 516 meter, jembatan ini menjadi jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di Eropa, melampaui Jembatan Charles Kuonen di Swiss yang memiliki panjang 494 meter.

Jembatan 516 Arouca di Portugal Utara merupakan jembatan gantung khusus pejalan kaki  terpanjang di dunia dengan ukuran panjang 516 meter. Jembatan ini dibangun pada ketinggian 175 meter di atas sungai Paiva. Dezeen Jembatan 516 Arouca di Portugal Utara merupakan jembatan gantung khusus pejalan kaki terpanjang di dunia dengan ukuran panjang 516 meter. Jembatan ini dibangun pada ketinggian 175 meter di atas sungai Paiva.
Para pengembang lokal yakin bahwa jembatan ini juga merupakan jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia.

Meskipun Jembatan Baglung Parbat di Nepal juga mengklaim gelar tersebut kerena memiliki panjang 567 meter.

Namun, jembatan di Nepal adalah jembatan gantung sederhana atau disebut catenary, yang dek jembatanya mengikuti kurva yang sama seperti kabel gantung.

Sebaliknya, jembatan gantung biasa, seperti jembatan Portugis, memiliki dek jembatan yang ditopang oleh kabel yang digantung pada sebuah menara. Dek dan kabel ini mengikuti kurva yang berbeda.

Jembatan ini digantung pada sebuah menara beton yang berbentuk A terbalik dan mampu menopang dua kabel suspensi baja jembatan.

Jalan setapak pada jembatan dibangun menggunakan 127 geladak berlapis logam yang saling terkait dan masing-masing terhubung ke kabel suspensi di dua titik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com