Kompas.com - 31/10/2021, 12:01 WIB
SDN 09 Ciracas, Jakarta Timur. Dok Pribadi PrasetyoadiSDN 09 Ciracas, Jakarta Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua bangunan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berhasil meraih trofi dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Awards 2021.

Kedua bangunan tersebut adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Ciracas di Jakarta Timur dan eks-Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasar Ikan di Jakarta Utara.

Untuk diketahui, SDN 09 Ciracas dirancang oleh Arsitek Prasetyoadi. Sedangkan eks-TPI Pasar Ikan didesain oleh Arsitek Danang Triratmoko.

Dua bangunan Pemprov DKI Jakarta ini berhasil menyisihkan 132 karya arsitektur di Indonesia dan masuk bersama 9 karya arsitektur penerima IAI Awards.

Ini terdiri 6 bangunan swasta dan 3 bangunan pemerintah seperti Masjid Baitul Mughni di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Dusun Bambu Resort di Lembang, Jawa Barat, Natuna Dive Resort di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), dan lain-lain. 

Arsitek selaku anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan DKI Jakarta Her Pramtama menuturkan, perolehan ini tidak terlepas dari visi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Firman Herwanto, Arsitek di Balik Ikoniknya JPO Sudirman, Fasilitas Publik Terbaik 2020

"Dia sangat mendorong bangunan pemerintah hadir dengan karya arsitektur terbaik di kota Jakarta," ujar Her dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (31/10/2021).

Her mengatakan, Anies optimistis penghargaan yang diraih oleh kedua bangunan Pemprov DKI Jakarta dalam IAI Awards 2021 tahun ini dapat menginspirasi lahirnya inovasi karya arsitektur lainnya, baik di Jakarta maupun kota-kota lainnya di Indonesia.

Ini sekaligus Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Senayan yang telah memenangkan trofi IAI Jakarta Awards 2021 pada Juni lalu.

Sebagai informasi, SDN 09 Ciracas ini merupakan pilot-project (proyek percontohan) program Rehabilitasi Sekolah yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI pada tahun 2018.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.