Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bangunan Pemprov DKI Raih IAI Awards 2021

Kompas.com - 31/10/2021, 12:01 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua bangunan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berhasil meraih trofi dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Awards 2021.

Kedua bangunan tersebut adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Ciracas di Jakarta Timur dan eks-Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasar Ikan di Jakarta Utara.

Untuk diketahui, SDN 09 Ciracas dirancang oleh Arsitek Prasetyoadi. Sedangkan eks-TPI Pasar Ikan didesain oleh Arsitek Danang Triratmoko.

Dua bangunan Pemprov DKI Jakarta ini berhasil menyisihkan 132 karya arsitektur di Indonesia dan masuk bersama 9 karya arsitektur penerima IAI Awards.

Ini terdiri 6 bangunan swasta dan 3 bangunan pemerintah seperti Masjid Baitul Mughni di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Dusun Bambu Resort di Lembang, Jawa Barat, Natuna Dive Resort di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), dan lain-lain. 

Arsitek selaku anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan DKI Jakarta Her Pramtama menuturkan, perolehan ini tidak terlepas dari visi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Firman Herwanto, Arsitek di Balik Ikoniknya JPO Sudirman, Fasilitas Publik Terbaik 2020

"Dia sangat mendorong bangunan pemerintah hadir dengan karya arsitektur terbaik di kota Jakarta," ujar Her dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (31/10/2021).

Her mengatakan, Anies optimistis penghargaan yang diraih oleh kedua bangunan Pemprov DKI Jakarta dalam IAI Awards 2021 tahun ini dapat menginspirasi lahirnya inovasi karya arsitektur lainnya, baik di Jakarta maupun kota-kota lainnya di Indonesia.

Ini sekaligus Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Senayan yang telah memenangkan trofi IAI Jakarta Awards 2021 pada Juni lalu.

Sebagai informasi, SDN 09 Ciracas ini merupakan pilot-project (proyek percontohan) program Rehabilitasi Sekolah yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI pada tahun 2018.

Visi Gubernur menginginkan adanya semangat pembaruan pada desain sekolah negeri di Jakarta.

Sebab, desain arsitektur sekolah harus menjadi laboratorium kemajuan perkembangan konstruksi dan menjadi tempat yang dapat menginspirasi lahirnya cita-cita para generasi penerus bangsa.

eksTempat Pelelangan Ikan Pasar Ikan di Kota Tua, Jakarta Utara.Dok Pribadi Danang Triratmoko eksTempat Pelelangan Ikan Pasar Ikan di Kota Tua, Jakarta Utara.
Sementara eks-TPI Pasar Ikan di Kota Tua ini merupakan hasil rekonstruksi dari bangunan cagar budaya yang dibangun tahun 1950. Kondisi bangunan ini sebelumnya sudah hancur.

Kemudian, Dinas Ketahanan Pangan, Kelauta, dan Pertanian Provinsi DKI melakukan rekonstruksi bangunan ini pada tahun 2018.

"Bapak Gubernur memiliki komitmen kuat terhadap kegiatan pelestarian bangunan cagar budaya," kata Her.

Menurut Her, Anies menginginkan bangunan cagar budaya di Jakarta dapat menjadi saksi sejarah perkembangan arsitektur dan konstruksi.

"Kegiatan rekonstruksi dan konservasi bangunan cagar budaya diharapkan menjadi diskursus para arsitek, insinyur, arkeolog dalam pengembangan ilmu pengetahuan pada masa depan," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com