Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar Ini Didesain Mirip Peci

Kompas.com - 31/10/2021, 08:00 WIB
Stadion Al Thumama di Qatar, venue Piala Dunia 2022 Courtesy of Qatar's Supreme Committee for Delivery & LegacyStadion Al Thumama di Qatar, venue Piala Dunia 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Selaku tuan rumah, Qatar menyambut perhelatan Piala Dunia 2022 dengan antusias.

Salah satu buktinya adalah dengan membangun stadion bernama Al Thumama. Terletak 12 kilometer di selatan dari Ibu Kota Doha.

Uniknya, stadion berkapasitas 40.000 orang ini memiliki desain mirip peci. Penutup kepala pria khas Timur Tengah.

Selayaknya peci, stadion berbentuk melingkar, berwarna putih, dan memiliki fasad berlubang-lubang.

Arsitek Stadion Al Thumma ialah Ibrahim M Jaidah dari Studio Biro Teknik Arab.

Baca juga: Ini Tampilan Akhir Stadion Piala Dunia Qatar

"Saya ingat malam itu, saya mendapatkan semua jenis gahfiya untuk mempelajari pola yang berbeda pada masing-masing," kata Jaidah dilansir dari Dezeen.

Menurut dia, sudah menjadi kebiasaan untuk memakai gahfiya. Namun, dia tidak menyangka akan melihat semua bentuk dan kedalaman desain setiap gahfiya yang berbeda.

"Saya akhirnya menggambar sketsa kasar yang saya suka dan memberi tahu teknisi saya bahwa ini akan menjadi desain yang akan kami buat," ujarnya.

Stadion Al Thumama di Qatar, venue Piala Dunia 2022Courtesy of Qatar's Supreme Committee for Delivery & Legacy Stadion Al Thumama di Qatar, venue Piala Dunia 2022
Jaidah menerangkan, desainnya mengusung konsep modern dan budaya tradisional sekaligus. Agar tampilan stadion tetap terlihat seperti peci gahfiya.

"Saya ingin memastikan desain saya modern tetapi pada saat yang sama tidak ingin melepaskannya dari identitas tradisional. Melestarikan identitas dan warisan lokal adalah sangat penting bagi saya," terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.