Firman Herwanto, Arsitek di Balik Ikoniknya JPO Sudirman, Fasilitas Publik Terbaik 2020

Kompas.com - 03/10/2021, 15:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak 2019, sejumlah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) hadir dan  mengubah wajah perkotaan Jakarta.

Tak hanya kesan baru, melainkan memberikan kebanggaan bahwa Jakarta bisa membangun spot-spot artistik, estetik, sekaligus fungsional bagi mobilitas dan aktivitas keseharian warganya.

JPO-JPO yang mencakup Sudirman 1 (Bunderan Senayan, GBK, Polda), dan Sudirman 2 (Benhil, Karet, Dukuh Atas), kemudian menjadi trending topic yang diperbincangkan warganet di sejumlah platform media sosial.

Bahkan, fungsinya tidak sekadar tempat penyeberangan, juga sebagai spot 'rekreasi' bagi penggunanya melepas penat hingga mengekspresikan perasaan mereka di tengah hiruk pikuk Kota Metropolitan.

Baca juga: Inilah Tiga Kandidat Ketua Umum IAI 2021-2024

Hal ini tentu tak lepas dari andil Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang memiliki visi untuk menciptakan kenyamanan bagi warganya agar Jakarta menjadi lebih layak huni untuk semua.

Namun demikian, di balik visi itu, ada sosok arsitek penting yang sukses menerjemahkan konsep revitalisasi dari fasilitas terkait pergerakan warga dalam memanfaatkan transportasi publik.

Dia adalah Firman Setia Herwanto, team leader arsitek dari PT Arkonin, yang ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merevitalisasi JPO berikut tata cahayanya yang dikolaborasikan bersama Pavilion 95.

Salah satu JPO yang membuat rupa CBD Jakarta disejajarkan dengan Seoul, adalah JPO Sudirman GBK Senayan.

Pria yang kini tengah mencalonkan diri sebagai Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta periode 2021-2024 itu mengaku tidak menyangka bahwa JPO garapannya jadi instagramable.

"Sebenarnya kalau arsitek tidak pernah punya pemikiran bahwa bangunananya harus instagramable. Tapi ketika itu mendapat respons positif masyarkat, kami pasti senang," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (02/10/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.