Kompas.com - 30/09/2021, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi untuk membuat sebuah karya yang bagus. Salah satunya adalah dengan melihat lanskap sebuah kawasan.

Hal ini juga yang dialami oleh Steven Vicky Sumbodo dan rekan-rekannya. Bermula dari melihat seorang pedagang kopi di kawasan Gading Serpong, mereka berhasil menjadi pemenang di ajang kompetisi Europe on Screen (EoS) 2020.

Film pendek bertajuk ‘Tour de Serpong’ ini sudah tayang di Europe on Screen 2021 sejak 22 September lalu dan dapat disaksikan secara gratis melalui Festival Scope.

Steven Vicky Sumbodo selaku sutradara mengaku konsep film ini muncul dari penulis mereka, Sarah Adila, yang secara tidak sengaja mengamati salah satu pedagang kopi keliling di Kawasan Gading Serpong.

Baca juga: Film dan Arsitektur, Perkawinan Kreativitas Kelas Wahid

“Saat itu, pedagang tersebut sedang mengaduk kopi di bawah pohon sakura. Sarah merasa hal tersebut cukup unik karena suasananya seperti ada di Jepang namun sang pedagangnya, Indonesia banget,” ujar Vicky saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Dari ide tersebut, timnya kemudian melakukan berbagai pengembangan dan menjadikannya cerita seperti yang tersaji dalam film Tour de Serpong.

Menurut Vicky, dalam proses pengerjaan film ini secara intensif butuh waktu lebih kurang enam bulan sampai pada tahap pasca produksi.

“Keseluruhan produksi menghabiskan sekitar Rp 44 juta,” ungkapnya.

Vicky menuturkan konsep besar film ini ingin menceritakan proyeksi diri sebagai seorang manusia.

Setiap orang memiliki bayangan mengenai dirinya yang sempurna, walau terkadang bayangan ini hadir karena peran faktor eksternal.

Baca juga: Raih 6 Nominasi Oscar, Begini Proses Desain Rumah Film Parasite

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.