Kompas.com - 30/09/2021, 17:06 WIB
Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019). KOMPAS.com/NURSITA SARIDirektur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) akan memulai pembangunan transport hub (area transit) Dukuh Atas, Jumat (08/10/2021).

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar memastikan hal ini dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta, Kamis (30/9/2021).

"Ini segera dilakukan konstruksi untuk pembangunan transport hub dan nanti akan groundbreaking (peletakan batu pertama) pada 8 Oktober 2021," ujar William.

Transport hub ini berlokasi di Jalan Blora, Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Stasiun Sudirman eks-Pasar Blora.

Area ini juga merupakan drop-off/pick-up (penjemputan) ojek daring yang saat ini sudah dibersihkan untuk pembangunan transport hub tersebut.

Pembangunan transport hub Dukuh Atas bisa dilakukan karena desainnya sudah selesai dibuat yang nantinya dilaksanakan oleh PT PP (Persero) Tbk.

Transport hub Dukuh Atas merupakan area transit pertama di Indonesia dan berlokasi di Jakarta sebagai tempat yang memfasilitasi seluruh transportasi publik.

Baca juga: Seperti Ini Konsep Penataan Stasiun Manggarai dan Gondangdia

Ini mulai dari MRT Jakarta, Transjakarta, Commuterline (KCI), Kereta Api (KA) Bandara, Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek), serta ojek daring.

Tak hanya itu, transport hub Dukuh Atas juga akan menyediakan fasilitas pasar modern, ritel, perkantoran dengan konsep smart-building (bangunan pintar).

Transport hub ini nantinya akan dibangun setinggi 14-15 lantai dengan target operasional tahun 2023.

Tak hanya transport hub, di kawasan yang sama juga akan dibangun Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas sepanjang 250 meter.

Untuk diketahui, JPM Dukuh Atas dibangun oleh PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (Perseroda) atau MITJ.

Konstruksi JPM akan dimulai pada tahun 2022 mendatang dan bisa digunakan seiring dimulainya pengoperasian LRT Jabodebek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.