Kompas.com - 30/09/2021, 19:00 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Tol Cisumdawu bersama Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Menhub Budi Karya Sumadi, pada Kamis (30/09/2021). Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Tol Cisumdawu bersama Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Menhub Budi Karya Sumadi, pada Kamis (30/09/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan memuji kinerja Kementerian PUPR terkait pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Hal itu disampaikannya ketika meninjau pengerjaan Tol Cisumdawu bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menhub Budi Karya Sumadi, pada Kamis (30/09/2021).

Tepatnya pada dua titik lokasi di Tol Cisumdawu, yaitu Interchange Cileunyi dan Lereng Dusun Bojongtotor.

“Setelah melihat langsung kondisi di lapangan, saya optimistis Tol Cisumdawu bisa mulai digunakan pada tahun 2022," katanya.

Menurut Luhut, dengan adanya jalan bebas hambatan ini, perjalanan dari Bandung sampai Kertajati nantinya bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.

"Saya kira ini merupakan pekerjaan yang hebat oleh Kementerian PUPR sehingga pembangunan Tol Cisumdawu dapat berjalan dengan cepat,” pujinya.

Baca juga: Basuki Pastikan Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Selesai Akhir September

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga mengapresiasi upaya percepatan penyelesaian Tol Cisumdawu yang dilakukan oleh Ditjen Bina Marga dan BUJT.

"Terus lanjutkan terutama pada pembebasan lahan, semoga tidak ada hambatan besar sehingga bisa selesai akhir tahun ini," ucap Basuki.

Menurut Basuki, penyelesaian pembangunan Tol Cisumdawu sangat penting. Keberadaannya akan mendongkrak kawasan penting di sekitarnya.

"Sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta pengembangan ekonomi Kawasan Ciayu Majakuning dan Kawasan Rebana Jawa Barat," terang Basuki.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.