Kompas.com - 30/09/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR.Ilustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir September, capaian Program Sejuta Rumah (PSR) telah mencapai 763.127 unit di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan, program ini tetap dilanjutkan meski dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dari data yang kami miliki, tercatat capaian PSR per 30 September 2021 telah menembus angka 763.127 unit rumah," terang Khalawi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Dalam melaksanakan PSR, Kementerian PUPR berupaya menggandeng berbagai pihak seperti pengembang, perbankan, Kementerian/Lembaga (K/L) terkait, Pemerintah Daerah (Pemda), serta masyarakat itu sendiri.

Khusus masyarakat, mereka dilibatkan secara aktif dalam membangun rumahnya dengan target minimal satu juta unit rumah per tahun.

Menurutnya, pembangunan PSR diperlukan pada saat ini karena masyarakat membutuhkan hunian layak dan sehat agar terhindar dari virus Covid-19.

Khalawi mengatakan, Pemerintah tentunya tidak bisa membangun sendiri rumah untuk seluruh masyarakat Indonesia yang disebabkan oleh keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Baca juga: Pemerintah Jamin Program Sejuta Rumah Tetap Berjalan

"Sehingga, kami tetap membutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar PSR ini tetap terlaksana di lapangan,” tuturnya.

Capaian PSR tersebut terdiri dari 571.028 unit rumah masyarakat berpenghasian rendah (MBR) dan 192.099 unit rumah non-MBR.

Untuk capaian rumah MBR terdiri dari hasil pembangunan rumah yang dilaksanakan Kementerian PUPR sebanyak 200.784 unit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.